Belanja Online dan Produk Lokal Dominasi Pilihan Konsumen Indonesia Saat Pandemi

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:34 WIB
loading...
A A A
Kepercayaan Pada Sains

Meningkatnya kepercayaan pada sains adalah tren jangka panjang lainnya. Enam dari sepuluh sampel global 25 pasar setuju bahwa pada akhirnya, semua kondisi medis akan dapat disembuhkan (60%) – angka yang telah meningkat sejak dimulainya rangkaian studi Global Trend pada tahun 2013 dan terus meningkat melalui pandemi sebagai vaksin dikembangkan dalam waktu singkat.

Optimisme kembali lebih tinggi di antara mereka yang berada di pasar negara berkembang, dengan 9 dari 10 orang Indonesia (90%) dan lebih dari 8 dari 10 orang dari Thailand dan Filipina (84% dan 82%) setuju bahwa sains akan mengalahkan semua penyakit.



Prancis adalah yang paling tidak yakin akan hal ini; hampir setengah tidak setuju (47%) dibandingkan dengan empat dari sepuluh yang setuju (39%). Namun bahkan di sini ada peningkatan positif jangka panjang: pada tahun 2013, hanya seperempat setuju semua kondisi medis pada akhirnya akan dapat disembuhkan.

Di tahun 2020 kepercayaan masyarakat terhadap vaksin Covid-19 sempat mengalami penurunan di beberapa negara, namun mayoritas sudah kembali, seperti Cina 22%, Peru & Chile masing-masing 7%, Brazil 4%, Indonesia 2%, dan India 1%. Sedangkan negara lain seperti Italia (-4%), Inggris dan Australia (masing-masing -6%), dan Amerika Serikat (-12%), masih meragukan manfaat dari vaksin itu sendiri.

Media Sosial, Data, dan Teknologi

Pandemi nyata mengakselerasi perkembangan IT, khususnya penyebaran internet. Di Indonesia, 80% warganya mengaku tidak bisa membayangkan hidup tanpa internet. Yang mana dengan persentase ini, Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia, mengungguli Inggris, Australia, Thailand, bahkan Amerika Serikat.

Opini publik tetap tegas terhadap perusahaan media sosial: 84% publik di semua negara setuju bahwa perusahaan media sosial memiliki terlalu banyak kekuatan. Meskipun ini agak meningkat di hampir semua negara antara 2019 dan 2021, peningkatan yang paling menonjol terjadi di China, Indonesia, dan Afrika Selatan.

Yang mana proposi China yang yang menganggap perusahaan media sosial memiliki terlalu banyak kekuatan telah meningkat dari 67% menjadi 83%. Di Indonesia, proposi tersebut meningkat dari 84% ke 97%, dan Afrika Selatan meningkat dari 75% ke 84%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)