Bukti Peran Aktif Sampoerna Memitigasi Pandemi dan Mengurangi Limbah

Kamis, 16 Desember 2021 - 23:09 WIB
loading...
A A A
Kampanye #PuntungituSampah

Sementara itu, Direktur Sampoerna Elvira Lianita mengatakan, kampanye #PuntungituSampah telah berlangsung sejak 2019. Kampanye ini bertujuan mengurangi limbah plastik berupa puntung rokok, yang memiliki residu dan terurai dalam waktu lama.

Hal ini dilakukan melalui dua hal. Pertama, melakukan penelitian untuk menemukan bahan baku alternatif yang lebih rendah karbon untuk filter produk Sampoerna. Penelitian ini telah dilakukan oleh perusahaan induk Sampoerna, Philip Morris International, selama 10 tahun terakhir.



Kedua, upaya peningkatan kesadaran masyarakat, utamanya perokok dewasa, untuk membuang puntung rokok pada tempatnya demi menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Terkait kampanye #PuntungituSampah, Sampoerna bekerja sama dengan lebih dari 45 kelompok peduli lingkungan dan mitra SRC untuk mengumpulkan ratusan ribu puntung rokok yang dibuang.

"Kegiatan kampanye kesadaran membuang sampah ke tempatnya telah menjangkau beberapa kota di Indonesia. Dengan semangat #SayaAjaBisa dan #PuntungItuSampah, kami melakukan upaya dalam menekankan tanggung jawab perokok dewasa dan masyarakat umum agar membuang puntung rokok dengan benar," ujar Elvira.

Pada 2020, Sampoerna memulai langkah baru dalam kampanye mengatasi dampak negatif sampah pasca konsumsi dengan meluncurkan program uji coba riset daur ulang puntung rokok, yang bekerja sama dengan Waste4Change.

Melalui kerja sama ini, perusahaan berusia 108 tahun tersebut berkomitmen untuk berkolaborasi dengan pihak yang berkompeten dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

Sampoerna juga menjalankan program “Send Your Waste”. Melalui program ini, sampah puntung rokok dikumpulkan melalui drop box yang bekerja sama dengan mitra restoran dan kafe yang kemudian dikirim ke fasilitas Waste4Change di Bekasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4365 seconds (0.1#10.140)