BNI Serius Kembangkan Digital, Sinyal Akuisisi Bank Mayora Menguat

Selasa, 21 Desember 2021 - 09:35 WIB
loading...
BNI Serius Kembangkan Digital, Sinyal Akuisisi Bank Mayora Menguat
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) tengah memasuki tahapan yang lebih serius untuk mengakuisisi salah satu bank mini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) tengah memasuki tahapan yang lebih serius untuk mengakuisisi salah satu 'bank mini'. Kabar yang beredar santer menyebut Bank Mayora sebagai bank tujuan akuisisi BBNI.

Dalam penjelasan Perseroan di laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Corporate Secretary BNI Mucharom menegaskan, Perseroan saat ini tengah memasuki tahapan yang lebih serius untuk mengembangkan kapabilitas digital melalui strategi anorganik.

"Namun dengan memperhatikan prinsip governance, saat ini Perseroan belum dapat memberikan penjelasan maupun keterbukaan yang lebih mendalam terkait hal tersebut," tulis Mucharom, dikutip Selasa (21/12/2021).



Dia melanjutkan, dalam hal berdasarkan kesepakatan para pihak dan ketentuan yang berlaku Perseroan telah dapat melakukan keterbukaan, maka Perseroan akan melaksanakannya sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan, saat ini perseroan dalam proses mengakuisisi bank. Royke mengungkapkan, nantinya bank ini akan fokus sebagai bank digital yang fokus menyasar segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Kami telah mencapai kesepakatan awal untuk akuisisi bank yang memiliki ekosistem bisnis kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital," kata dia dalam konferensi pers, Senin (25/10/2021).



Royke menyatakan, nantinya BNI akan menjalin mitra strategis yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi keuangan. Pasalnya, teknologi menjadi elemen kunci dalam keberhasilan pengelolaan bank digital dan bisa menekan biaya operasional yang lebih murah ketimbang bank konvensional.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut menyambut baik BNI untuk mengakuisisi 'bank mini' untuk dimasukkan menjadi bagian dari ekosistemnya. Namun demikian, OJK belum bisa mengonfirmasi bank mana yang akan dicaplok oleh bank Himbara tersebut.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3340 seconds (0.1#10.140)