Belanda Tujuan Ekspor RI Terbesar di Eropa Tembus Rp51,5 Triliun

Sabtu, 08 Januari 2022 - 19:00 WIB
loading...
Belanda Tujuan Ekspor RI Terbesar di Eropa Tembus Rp51,5 Triliun
Belanda menjadi tujuan ekspor RI terbesar di kawasan Eropa. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Verstegen Sauces & Spices BV (Verstegen) asal Belanda menerima penghargaan Primaduta Awards 2021. Penyerahan penghargaan kepada CEO Verstegen, Michel Driessen dilakukan oleh Duta Besar RI Den Haag dengan didampingi oleh Atase Perdagangan Den Haag , Sabbat Christian Jannes serta disaksikan secara online oleh mitra dari Indonesia serta para petani dari Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Dubes Mayerfas menyampaikan bahwa Belanda merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia di kawasan Eropa, Belanda juga merupakan gerbang masuk produk Indonesia di kawasan Eropa.

"Pada kuartal III 2021, Belanda menempati urutan tertinggi sebagai tujuan ekspor produk Indonesia di kawasan Eropa dengan nilai transaksi sebesar USD3,6 miliar atau sekitar Rp51,5 triliun," kata Dubes Mayerfas melalui keterangan resmi, Sabtu (8/1/2022).



Ia meyakini bahwa pada 2022, kedua negara akan bersama-sama menghadapi tantangan ekonomi di masa pandemi dengan lebih baik.

"Kedua negara akan pulih bersama dan lebih kuat lagi sesuai dengan tema presidensi G20 Indonesia, Recover Together, Recover Stronger," ujarnya.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi mengapresiasi peran Verstegen yang sudah lebih dari 50 tahun menjadi mitra dagang Indonesia khususnya di bidang ekspor rempah.

"Kerja sama dan kolaborasi ini dicontohkan dengan apik oleh Verstegen dan mitra dagangnya di Indonesia dengan saling mendukung untuk mewujudkan iklim bisnis yang akuntabel dan berkelanjutan," ujar Didi.

Penerima Primaduta Awards disaring dari 303 kandidat potensial di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 25 perusahaan dipilih sebagai penerima penghargaan.



Verstegen merupakan 1 dari 25 penerima Primaduta Awards yang merupakan wujud apresiasi Pemerintah Indonesia kepada pembeli internasional yang telah menunjukkan loyalitasnya dengan terus menerus membeli produk dari Indonesia dan berkontribusi secara aktif terhadap peningkatan kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia. Pada gilirannya, diharapkan bahwa kerja sama dagang ini akan mendorong pembangunan ekonomi masyarakat di Indonesia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)