Deretan Negara Ini Tak Mempunyai Mata Uang, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Selasa, 11 Januari 2022 - 05:44 WIB
loading...
A A A
5. Ekuador

Ekuador menggunakan dolar Amerika sebagai alat tukar dalam perdagangan. Mata uang resmi Ekuador saat ini adalah dolar Amerika Serikat dan menjadi mata uang resmi Ekuador pada 13 Maret 2000. Menyusul depresiasi Sucre dan kekacauan yang disebabkan oleh devaluasi, Presiden Jamil Mahuad mengumumkan pengadopsian dolar AS sebagai mata uang resmi Ekuador.

Dolarisasi bukan tanpa jebakannya. Pada Maret 2019, Anna Ivanova, kepala misi IMF untuk Ekuador, mengatakan dolar membuat ekspor Ekuador mahal. "Meningkatkan daya saing Ekuador dan meningkatkan produktivitas akan membutuhkan upaya bersama. Karena Ekuador menggunakan dolar AS sebagai mata uangnya, ia tidak dapat menggunakan nilai tukar sebagai alat untuk membuat ekspornya lebih kompetitif di pasar global. Oleh karena itu, negara harus bergantung pada kebijakan yang memungkinkan devaluasi internal sebagai gantinya," katanya.

6. Panama

Panama menggunakan dolar AS Sejak 1904. Kebanyakan negara di Amerika Selatan memang menggunakan dolar sebagai alat tukar. Namun mata uang resmi Panama adalah balboa Panama dan dolar Amerika Serikat.

7. Senegal

Senegal menggunakan Franc CFA Afrika Barat. Selain Senegal, Pantai Gading, Togo, Mali, Niger, Benin dan Burkina Faso juga menggunakan mata uang yang sama. Negara-negara tersebut pernah dikuasi oleh Perancis pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

8. Kamerun

Kamerun menggunakan Franc CFA Afrika Tengah sejak tahun 1945. Republik Kongo, Republik Afrika Tengah, dan Gabon juga menggunakan mata uang yang sama dipengaruhi oleh sejarah yang mereka miliki.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)