Simak! 5 Fakta NFT yang Bikin Ghozali Jadi Miliarder Dadakan

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:32 WIB
loading...
A A A
Selain sangat terbatas, kepemilikan NFT juga bersifat mutlak. Pemiliknya adalah satu-satunya pihak yang memiliki karya orisinil NFT meskipun ia punya hak cipta untuk memperbanyak karya. Pada dasarnya, pemilik NFT memiliki hak milik penuh.

Tak hanya itu, NFT juga tak bisa dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil, seperti wei ETH atau satoshi BTC. Pasalnya, mereka ada sebagai satu keseluruhan secara eksklusif.



4. Punya Cara Kerja Berbeda
Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menjelaskan, cara kerja aset digital ini berbeda dengan konvensional. Adapun NFT bisa dijual tanpa ada bentuk fisiknya dan bisa dibeli banyak orang.

“Kalau aset digital itu tidak harus ada barangnya tapi ada bentuk digitalnya. Jadi ada gambarnya tapi tidak ada misalnya kanvasnya, ya kanvasnya digital itu. Yang beli bisa banyak orang tapi yang memiliki tetap Anda satu misalnya, yang beli bisa berkali-kali begitu,” jelas Mike kepada MNC Portal Indonesia (MPI).



5. Bukan Sembarang Sertifikat
Menurut Perencana Keuangan Mike Rini, NFT merupakan identitas unik suatu aset digital dan bersifat eksklusif. “NFT itu adalah, gampangnya dia sebuah identitas unik ya, identitas unik suatu aset digital. Nah identitas unik ini bisa disamakan dengan sebuah sertifikat sebenarnya, sertifikat digital. Jadi tanda unik, identitas unik, atau sertifikat digital ini membuktikan suatu kepemilikan terhadap aset digital tertentu yang sifatnya eksklusif,” paparnya.

Namun, dia menegaskan bahwa NFT bukan sembarang sertifikat, di mana NFT ini lahir pada teknologi blockchain.
“NFT ini adalah sebuah sertifikat digital yang lahir pada teknologi blockchain. Nah, kalau teknologi blockchain ini sendiri sebenarnya aplikasinya itu banyak sekali yang sudah kita sering dengar adalah cryptocurrency,” tuturnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)