Minyak Goreng Rp14.000 Langka di Ritel Modern, Aprindo: Tanya Distributor, Kami Hanya Warung

Rabu, 26 Januari 2022 - 15:48 WIB
loading...
Minyak Goreng Rp14.000 Langka di Ritel Modern, Aprindo: Tanya Distributor, Kami Hanya Warung
Rak minyak goreng di sebuah minimarket tampak kosong karena minyak goreng seharga Rp14.000 per liter ludes diburu konsumen. Foto/SINDOnews/Inda Susanti
A A A
JAKARTA - Rak-rak minyak goreng yang kosong di toko ritel modern menjadi pemandangan umum dalam sepekan terakhir. Hal ini dipicu aksi konsumen yang kalap memburu minyak goreng subsidi yang dibanderol Rp14.000 per liter.

Meski pengelola sudah menetapkan aturan pembelian maksimum, tetap saja minyak goreng murah itu diserbu hingga ludes dalam hitungan jam setiap harinya.

Para pengusaha ritel pun menolak dijadikan kambing hitam atas kelangkaan minyak goreng di ritel modern. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey menegaskan, kelangkaan minyak goreng di ritel modern bukan tanggung jawab peritel melainkan pihak distributor.

Baca juga: Cerita Emak-emak Keliling ke Indomaret, Alfamart hingga Pasar Cari Minyak Goreng Rp14.000/Liter

Menurut Roy, peritel yang tergabung dalam Aprindo hanya menjadi penyedia tempat untuk distribusi minyak goreng subsidi kepada masyarakat, bukan pemasok.

"Masalahnya bukan di ritel, karena ritel nggak bisa produksi minyak. Masalahnya itu di pasokan para distributor. Kita ini kan cuma warung," kata Roy saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Rabu (26/1/2022).



Sebagai informasi, dalam sepekan terakhir beberapa ritel modern seperti Alfamart, Indomaret, dan sejenisnya mengalami kehabisan stok minyak goreng.

Baca juga: Zonk Nih! Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Belum Tersebar Merata di Pasar Tradisional

Pegawai di salah satu minimarket saat ditemui tim MPI mengaku stok minyak goreng Rp14.000 ludes dibeli ibu-ibu hanya dalam beberapa jam setelah barang dikeluarkan di rak penyimpanan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2871 seconds (11.210#12.26)