Pakar Marketing Bedah Fenomena Artis Beli Klub Bola Indonesia, Tujuannya Buat Apa?

Selasa, 01 Februari 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Di lain hal Siwo mempertanyakan, apakah dengan akuisisi ini, para artis mampu mempertahankan bisnis yang mereka beli. Baginya, kunci utama sebuah bisnis adalah manajemen, keberlanjutan dan komitmen pengelolaan.

"Tapi sekali lagi, kuncinya itu ada di komitmen dan manajemen. Perlu dipertanyakan apakah saat dibeli artis itu kinerja manajemen klubnya jadi mumpuni tidak," tanyanya.

Siwo memahami bahwa massa yang besar membuat iklan yang masuk bagi klub sepak bola menjadi mahal atau minimal bertambah valuenya. Baginya, langkah akuisisi artis ini adalah hal yang baik dengan catatan tidak sekadar mengikuti tren.



Sejalan dengan sifat tren yang tumbuh-tenggelam, Siwo mengkhawatirkan ada ketidakberlanjutan komitmen artis dalam sebuah klub saat ketenaran klub ataupun sosok sang artis telah meredup.

"Ketika sudah berjalan lima tahun sepuluh tahun, dan dunia persepakbolaan tidak heboh lagi, apakah mereka mau komitmen lagi, memunculkan brandnya, effortnya tidak, karena kemudian kalau dia cuma ngikuti tren, ya paling tiga tahun lagi saat trennya sudah tidak bagus, ya dia akan keluar," kata dia.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)