Makin Hijau, Pembangkit Listrik EBT Pertamina Capai 687,2 MW

Selasa, 22 Februari 2022 - 12:35 WIB
loading...
A A A
Untuk mencapai target tersebut, program yang ditargetkan terealisasi di tahun 2022 antara lain commercial operation date (COD) PLTGU Jawa-1 yang berkapasitas 1.760 MW dan PLTS internal Pertamina dengan potensi mencapai lebih dari 280 MW.

Pada 2022, ujar Dannif, Pertamina NRE juga akan menjalankan amanah dalam mewujudkan program Unlock Value di PGE melalui penawaran umum saham perdana (IPO). Dengan unlock value, Pertamina NRE berharap PGE sebagai anak usaha akan mendapatkan alternatif pembiayaan untuk pengembangan proyek-proyek geothermal ke depan.

“Dengan unlock value, Pertamina NRE mengharapkan PGE akan mendapat banyak manfaat berupa pembiayaan bagi proyek-proyek geothermal yang akan dikembangkan serta mengokohkan peran good corporate governance (GCG) sebagai salah satu bentuk komitmen Pertamina NRE menerapkan environment, social, and governance (ESG) dalam praktik bisnisnya,” tambah Dannif.

Menurut Dannif, Pertamina NRE juga tengah mengembangkan bisnis masa depan di sektor energi, seperti hydrogen, dan EV serta baterai. Khusus untuk green hydrogen saat ini tengah dikembangkan sebagai pilot project di wilayah kerja geothermal Ulubelu.

Sedangkan untuk EV dan baterai, beberapa waktu lalu Pertamina NRE Bersama Pertamina Patra Niaga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Gojek maupun Grab untuk mempercepat pengembangan ekosistem EV.

Selain itu, untuk mendukung target penurunan emisi karbon pada 2030, Pertamina NRE berencana mengembangkan natural based solution di mana penandatanganan nota kesepahamannya telah dilakukan antara Pertamina dengan Perhutani.

Dalam skema bisnisnya, Pertamina NRE akan mengelola penyerapan karbon melalui pohon yang ditanam di lahan konsesi yang dikelola Perhutani. Sementara bisnis lain yang tengah dikembangkan untuk mendukung penurunan emisi karbon adalah kawasan industri hijau di mana Pertamina NRE akan menyediakan energi ramah lingkungan di kawasan industri. Untuk pengembangan bisnis ini, Pertamina telah menandatangani nota kesepahaman dengan Jababeka.
(ynt)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1537 seconds (10.101#12.26)