Didukung Spotify, Kemkominfo dan Siberkreasi Bidik 50.000 Peserta Pelatihan Podcast Gratis

Kamis, 24 Februari 2022 - 07:22 WIB
loading...
Didukung Spotify, Kemkominfo dan Siberkreasi Bidik 50.000 Peserta Pelatihan Podcast Gratis
Ilustrasi foto/pexels/george milton
A A A
JAKARTA - Industri berbasis digital berkembang sedemikian pesat dan memunculkan ragam pekerjaan baru. Salah satu yang kekinian dan tengah digandrungi anak-anak muda adalah siniar atau lebih dikenal dengan podcast .

Guna meningkatkan keahlian generasi muda dalam pembuatan podcast, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi bermitra dengan Spotify meluncurkan Kelas Podcast Siberkreasi 2022.

Mulai 26 Februari 2022, program pelatihan gratis ini terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang tertarik mempelajari lebih lanjut tentang dunia podcast.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, sebagai bagian dari upaya percepatan agenda nasional transformasi digital, pemerintah memegang teguh prinsip 'tidak ada yang tertinggal, atau tidak seorang pun akan ditinggalkan'.

“Program tahun ini dirancang lebih tersegmentasi karena semua lapisan masyarakat kita akan dapat menerima substansi dan materi yang lebih sesuai,” ujarnya, Kamis (24/2/2022).



Dia melanjutkan, sejak diinisiasi tahun 2020, Kelas Podcast Siberkreasi telah menjangkau lebih dari 30.000 peserta dari seluruh penjuru Tanah Air. Dengan keikutsertaan Spotify, program ini menargetkan 50.000 peserta tambahan pada tahun ini.

“Kerja sama dengan Spotify ini merupakan langkah nyata dari kami untuk membawa program ini ke lebih banyak anak muda di seluruh Indonesia," tuturnya.

Semuel menerangkan, para peserta pelatihan akan mendapatkan tips dan trik terbaik tentang cara membuat saluran podcast. Mulai dari mengidentifikasi sasaran pendengar, mengatur transkrip, memanfaatkan media sosial untuk promosi serta mengembangkan podcast dan pelatihan suara.

Mereka akan dipandu dengan berbagai materi podcast dan ide konten dari para ahlinya. Sebagai bagian dari program ini, peserta juga mendapatkan informasi dari Spotify tentang cara terbaik untuk memanfaatkan anchor, termasuk perangkat gratis dari Spotify untuk membuat dan mendistribusikan podcast mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2558 seconds (0.1#10.140)