Jawara Tradefest Berbagi Tips Main Saham, Ada Nenek 67 Tahun Hingga Pedagang Ikan Asin

Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:25 WIB
loading...
A A A
"Beberapa tahun lalu sempat main saham, tapi lantas tidak aktif. Belajar otodidak, tanya sini tanya sana, dan baca koran agar bisa melihat tren pasar," ucapnya.

Soal strategi selama kompetisi, dia cenderung berusaha menjaga modal awal. "Kalau turun hingga 5% langsung cut loss. Jangan ragu-ragu buat cut loss. Agar tidak terulang, cari dan tentukan sektor yang tepat," jelas dia.

Menariknya, Tiniwati sama sekali bukan berasal dari kalangan profesional. Namun, semangat pantang menyerah dan terbuka dengan membuka wawasan baru sangat membantunya untuk mempelajari dunia saham.

"Saya enggak pakai tactical saham. Saya cuma perbanyak literasi saja. Baca-baca berita, tanya orang yang lebih ahli. Karena sudah ada gambaran dari literasi dan orang-orang yang saya percaya, sisanya tinggal pakai feeling,” bebernya.



Sementara itu, keberanian dan konsistensi dalam bermain saham dibuktikan oleh Rahadian Maulana, pria 27 tahun asal Surabaya yang sehari-hari mengelola restoran. Dia merupakan juara 3 kompetisi Tradefest by Ternak Uang yang berhasil mengantongi hadiah uang tunai Rp125 juta.

Selama berkompetisi, Rahadian meraup cuan hingga 160% dari modal awal yang hanya Rp1 juta. Dia pun tidak pelit membagikan resep bisnisnya kala bermain saham.

"Menghargai modal kecil, manfaatkan momen yang lagi ramai di pasar, lalu wait and see, dan top up di saat yang tepat," urai Rahadian.

Lantaran jangka waktu kompetisi yang pendek, dia mengaku hanya menaruh investasi di satu portfolio saham saja. Selama mengikuti kompetisi trading ini, kendala terbesar yang dihadapinya berasal dari pemikiran dirinya sendiri.

Berlanjut ke posisi runner-up Tradingfest by Ternak Uang, ada Edwin Santoso, pria 29 tahun asal Surabaya yang berprofesi sebagai penulis. Hanya dengan modal Rp1 juta, dia bisa menghasilkan profit di atas 200%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)