Jawara Tradefest Berbagi Tips Main Saham, Ada Nenek 67 Tahun Hingga Pedagang Ikan Asin

Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:25 WIB
loading...
A A A
"Mungkin, saya bisa mengidentifikasi berbagai kesempatan trading yang sulit atau tidak bisa dilihat dari orang lain," papar penulis buku-buku investasi itu.

Menurut dia, trading saham small caps dengan analisa yang matang dan perhitungan risk/return yang memadai juga mempengaruhi kesuksesan bermain saham.

Untuk pemain yang masih awam,dia menyarankan agar memilih perusahaan yang baru saja menggelar penawaran perdana saham atau Initial Public Offering (IPO).

"Jujur, pilihannya ada dua. All in or nothing. Karena waktunya hanya dua bulanan, saya tidak banyak memilih portfolio, tapi all in aja di saham yang menurut saya punya potensi profitnya besar,"kata Edwin yang mengaku salut dengan Ternak Uang yang mengedukasi masyarakat agar lebih melek investasi.



Terakhir, Adi Samudra, pria yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang ikan asin, dikukuhkan sebagai jawara Tradefest by Ternak Uang setelah berhasil meraup profit hingga 500%.

Selama berkompetisi, pria asal Surakarta menggunakan metode scalping, yaitu membeli dan menjual saham dalam jangka waktu yang relatif pendek. Meski demikian, Adi menjelaskan bahwa seorang trader harus memperhatikan beberapa hal ketika menggunakan teknik scalping.

"Jadi, harus tahu dulu tren sahamnya, pahami tipikal sahamnya, lalu cari saham yang punya momentum bergerak naik. Selanjutnya lihat broksum (broker summary) agar bisa memberikan gambaran market, pahami sektor saham yang sedang ramai, serta lakukan screening saham," terang dia.

Untuk menggunakan metode ini, Adi menegaskan, seorang trader harus disiplin dengan trade plan yang telah dibuat. Jika market berbalik arah (turun), segera lakukan cut loss. "Jangan takut. Cut loss adalah cara yang dipakai untuk melindungi modal kita," tandasnya.

Sebagai catatan, Ternak Uang adalah merek dagang dari PT Ternak Uang Nusantara, perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan teknologi yang menyediakan aplikasi digital dan memungkinkan masyarakat Indonesia untuk belajar investasi secara online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)