Antisipasi Dampak Kenaikan Harga Minyak Dunia, Ini Jurus Pertamina

Kamis, 10 Maret 2022 - 09:54 WIB
loading...
Antisipasi Dampak Kenaikan Harga Minyak Dunia, Ini Jurus Pertamina
Pertamina antisipasi kenaikan harga minyak dunia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan harga BBM Pertalite tidak naik di tengah lonjakan harga minyak dunia. Meski begitu, harga minyak ini berdampak langsung terhadap beban subsidi APBN dan beban keuangan Pertamina.

VP Corporate Commucation Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, untuk mengurangi tekanan lonjakan harga minyak mentah dunia terhadap peningkatan biaya penyediaan BBM, Pertamina terus melakukan berbagai efisiensi di segala lini, termasuk menekan biaya produksi BBM dalam negeri.

"Di antaranya dengan memaksimalkan penggunaan minyak mentah domestik dan mengoptimalkan penggunaan gas alam untuk penghematan biaya energi. Pararel juga dilakukan peningkatan produksi kilang untuk produk yang bernilai tinggi," katanya, ditulis, Kamis (10/3/2022).



Di samping itu, lanjutnya, penyesuaian harga produk juga dilakukan secara selektif, hanya untuk BBM Non Subsidi tertentu seperti Pertamax Series maupun Dex Series yang porsi konsumsinya hanya sekitar 15% dari total konsumsi BBM Nasional.

Jenis BBM ini pun sebagian besar dikonsumsi oleh kalangan konsumen mampu, pemilik kendaraan pribadi jenis menengah ke atas. Ke depannya, harga produk BBM ini akan terus disesuaikan secara rutin mengikuti harga pasar sesuai ketentuan pada Peraturan Menteri ESDM No. 62 tahun 2017.

Fajriyah menegaskan, Pertamina sangat berhati-hati dalam menetapkan harga. "Namun kami yakin segmen konsumen ini telah merasakan manfaat BBM berkualitas yang lebih hemat dan lebih baik untuk perawatan mesin kendaraan, sehingga dapat menerima harga yang selama ini tetap sangat kompetitif dibandingkan produk yang sejenis lainnya,” tandasnya.



Adapun, harga Pertalite sendiri tidak berubah sejak 3 tahun terakhir. Saat ini porsi konsumsi Pertalite adalah yang terbesar atau sekitar 50% dari total konsumsi BBM nasional. Oleh karenanya, Pemerintah terus melakukan pembahasan untuk skenario kompensasi Pertalite agar stabilisasi harga Pertalite dapat terjaga.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)