Ini yang Terjadi Pada Kapal Pesiar, Jet Pribadi dan Resort Mewah Miliarder Rusia Usai Disita

Kamis, 10 Maret 2022 - 12:24 WIB
loading...
A A A
Di bawah sanksi yang diumumkan oleh AS dan Eropa, anggota elit Rusia yang "memperkaya diri mereka sendiri dengan mengorbankan rakyat Rusia" dan "membantu Putin" dalam invasinya ke Ukraina akan tetap memiliki aset mereka yang "dibekukan dan properti mereka diblokir dari penggunaan."

Di bawah hukum AS dan sebagian besar undang-undang di Eropa, aset yang dibekukan tetap berada di bawah kepemilikan oligarki, tetapi mereka tidak dapat ditransfer atau dijual.

Sechin dan Mordsahov, misalnya akan terus memiliki kapal pesiar mereka, tetapi kapal itu akan diamankan ke dermaga oleh pihak berwenang dan dicegah berlayar ke pantai yang lebih aman.

Untuk benar-benar merebut dan mengambil kepemilikan kapal pesiar atau vila milik miliarder Rusia, jaksa pemerintah harus membuktikan bahwa properti itu adalah bagian dari kejahatan.

Di bawah undang-undang penyitaan sipil AS, aset yang "digunakan untuk melakukan kejahatan" atau yang "mewakili hasil aktivitas ilegal" hanya dapat disita dengan surat perintah.

"Pemerintah harus membuktikan kejahatan dan hubungannya," kata Stefan Cassella, mantan kepala Bagian Penyitaan Aset dan Pencucian Uang di kantor pengacara AS di Maryland yang sekarang melakukan praktik pribadi.

Membuktikan kejahatan tertentu oleh miliarder Rusia dan mengikat aset langsung ke kejahatan itu mungkin akan sulit, kata para ahli hukum.

"Para oligarki dapat berargumen 'Saya bertindak sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Rusia dan di Eropa,'" kata Maltby. Harus ada bukti kriminalitas yang jelas."

Membuktikan kriminalitas untuk kasus penyitaan aset bisa memakan waktu bertahun-tahun. AS membantu mengambil lebih dari USD300 juta yang dicuri dari Nigeria oleh mantan diktator militer Sani Abacha setelah lebih dari lima tahun prosesnya.

Ada juga sebuah kasus terhadap mantan Perdana Menteri Ukraina Pavlo Lazarenko, yang dihukum di AS karena pencucian uang, berlangsung selama lebih dari 15 tahun karena Lazarenko melakukan pembelaan yang didanai dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2573 seconds (0.1#10.140)