Menkeu Rusia: Moskow Kehilangan Akses ke Setengah Dana Cadangan Rp4.286 Triliun

Senin, 14 Maret 2022 - 16:39 WIB
loading...
A A A
Bayar Utang

Sementara itu Siluanov mengungkapkan, Rusia akan membayar utang dalam rubel sampai tumpukan uang tunainya membeku. Bank of Russia memperkenalkan kontrol modal setelah cadangan devisanya dibekukan oleh pemerintah internasional.

Pembatasan tersebut telah meningkatkan prospek gagal bayar utang bagi Rusia, yang pertama kali terlihat sejak 1998. Ekonomi Rusia yang sebelumnya diproyeksi bakal membaik tahun, langsung berbalik ke belakang dalam hitungan hari. Perkiraan awal Bloomberg Economics adalah pertumbuhan ekonomi Rusia merosot sekitar 9% pada tahun 2022.

Bank sentral juga menjaga pasar saham Bursa Moskow yang ditutup sampai setidaknya 18 Maret, memperpanjang rekor penutupan yang dimaksudkan untuk melindungi investor domestik dari dampak sanksi keras atas invasi Rusia ke Ukraina.

Siluanov berjanji untuk terus membantu bank-bank Rusia yang berada dalam situasi sulit. Tingkat cadangan saat ini memungkinkan bahkan bank-bank itu berfungsi "yang telah menjadi subjek sanksi paling keras," katanya.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)