Bisnis Kuliner Minyak Sawit Sehat Terus Berkembang

Kamis, 24 Maret 2022 - 17:50 WIB
loading...
A A A
Achmad Maulizal mengatakan produk kelapa sawit sangat familiar yang mewarnai kehidupan sehari-hari masyarakat. Minyak goreng sangat familiar. Walaupun masih banyak penggunaan produk sawit bagi masyarakat seperti kue, roti, dan biskuit. “Produk sawit diakui sangat terjangkau dan bermanfaat bagi masyarakat baik dalam dan luar negeri,” ujarnya.

(Baca juga:Mantap, Ekspor Minyak Sawit Diprediksi Meningkat di 2021)

Direktur PT Nutri Palma Nabati Darmono Taniwiryono menjelaskan minyak sawit sehat adalah lemak sawit (sehat) yang di dalamnya terlarut betakaroten dan Vitamin E dalam konsentrasi yang tinggi serta Co-Q10, likopen, DAG, MAG, dan ALB, rendah Omega 6, tidak mengandung kolesterol, transfat, 3-MCPD dan GE.

“Sewaktu berkunjung ke Afrika, saya lihat masyarakat setempat mengonsumsi minyak sawit merah yang tidak melalui proses rafinasi dan deodorisasi. Dari situ saya lihat, orang Afrika jarang menggunakan kacamata,” ujar Darmono.

Menurut Darmono, kandungan vitamin E di dalam minyak sawit dalam bentuk tocotrienol, sejatinya lebih tinggi dibandingkan minyak nabati lain. “Potensi antioksidan jauh lebih tinggi dari minyak nabati lainnnya. Sebagai antioksidan, kekuatan tokotrienol minyak sawit 16 kali lebih tinggi daripada tokoferol,” ujar Darmono.

Dijelaskan Darmono, lemak jenuh di dalam minyak sawit sangatlah bagus bagi tubuh manusia. Secara tidak sadar, masyarakat mengonsumsi virgin coconut oil yang kadar lemak jenuhnya mencapai 90%. Di dalam Air Susu Ibu (ASI), kadar lemak jenuh mencapai 37%.

“Masyarakat seharusnya tidak perlu takut mengonsumsi lemak jenuh karena sedari kecil sudah ada dalam tubuh melalui ASI,” urainya.

Ia mengatakan Virgin Red Palm Oil atau minyak sawit merah dapat ditambahkan ke makanan dan minuman. Sebagai contoh, mi instan dapat diberikan tambahan minyak sawit merah. Juga dapat ditambahkan ke kue kering, kue basah, dan kopi susu.

“Dari uji laboratorium, kue kering yang menggunakan Virgin Palm oil mengandung betakaroten sebesar 45 IU. Alhasil mengandung vitamin E lebih tinggi karena vitamin E tahan terhadap suhu tinggi,” ucapnya.

Iin Arlina, Pemilik Bolu Sawit, menceritakan pengalamannya meracik resep pembuatan bolu sawit yang berasal dari Bungo, Jambi. Pembuatan bolu sawit ini dari imbauan Bupati Bungo kepada UMKM makanan dan kuliner untuk menghasilkan produk inovasi unggulan dari sawit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)