Startup Akuakultur Lokal Delos Dapat Suntikan Dana Tambahan Rp114 Miliar

Kamis, 24 Maret 2022 - 18:24 WIB
loading...
A A A
Partner Alpha JWC Ventures Eko Kurniadi mengatakan Indonesia adalah eksportir udang terbesar ketiga di dunia. Namun industri ini masih terfragmentasi, dan terus terhambat oleh sistem pengelolaan yang tidak optimal dan ketinggalan zaman, sehingga kualitas hasil panen tambak udang Indonesia selalu berada di bawah standar global. Delos mampu memberikan solusi berbasis data untuk masalah sehari-hari yang dihadapi petambak udang.

"Sejauh ini Delos telah mengoptimalisasikan pengelolaan dan meningkatkan daya guna tambak. Dengan memanfaatkan keahlian dan jaringan para pendiri DELOS, kami percaya perusahaan ini akan menjadi salah satu pemimpin Revolusi Biru di Indonesia," ujarnya.



Sementara itu, Managing Partner Centauri Fund Kenneth Li menambahkan agrikultur merupakan salah satu industri akar rumput yang menyumbang paling banyak untuk GDP Indonesia, sekaligus menjadi kontributor terbesar dari industri perikanan Indonesia. Hal ini lantaran harga jual udang yang tinggi di pasar luar negeri walaupun biaya operasional dan risiko panen tinggi.

"Perubahan kecil dalam kualitas air atau pakan dapat berdampak besar pada hasil panen. Delos, yang mampu menghasilkan produktivitas panen 2-3 kali rata-rata industri, dapat memberikan solusi kepada tantangan tersebut dengan mengimplementasikan sistem pengelolaan tambak modern dan solusi rantai pasokan untuk meningkatkan produktivitas," jelasnya.

Sebagai informasi, sejak mendapatkan seed funding akhir 2021 lalu, perseroan telah membangun AquaHero, sebuah sistem pengelolaan tambak yang lengkap dan terpadu yang menggabungkan metode ilmiah, teknologi, dan sistem operasional untuk memacu produktivitas panen udang. AquaHero menggunakan metode pengumpulan data modern dan model biologi mutakhir untuk memperkirakan dan meminimalisir resiko panen. Sistem ini akan diimplementasikan di ribuan tambak udang dalam ekosistem Delos di Indonesia dan digabung dengan teknologi terbaru serta keahlian operasional tim Delos.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)