China Sedot 387.000 Ton Gas Alam Cair dari Rusia Saat Impor Naik 26,4%

Jum'at, 15 April 2022 - 06:57 WIB
loading...
China Sedot 387.000 Ton Gas Alam Cair dari Rusia Saat Impor Naik 26,4%
Ekspor China ke Rusia merosot pada bulan Maret 2022 setelah invasi ke Ukraina, namun impor naik 26,4% dari tahun lalu.Foto/Dok
A A A
BEIJING - Ekspor China ke Rusia merosot pada bulan Maret 2022 setelah invasi ke Ukraina, bahkan ketika pengiriman ke negara-negara lain tumbuh dengan cepat. Hal ini menunjukkan perusahaan-perusahaan China kemungkinan sedikit berhati-hati tentang perdagangan dengan Rusia.

Tercatat, perusahaan-perusahaan China menjual barang senilai USD3,8 miliar ke Rusia pada bulan Maret, berdasarkan data resmi. Angka tersebut turun 7,7% dari tahun sebelumnya.



Hal itu menjadi jumlah terendah sejak Mei 2020, ketika perdagangan global sangat terpengaruh oleh wabah Covid-19. Kedua negara menyatakan persahabatan mereka tidak memiliki batasan pada awal tahun ini ketika Presiden Xi Jinping dan Vladimir Putin bertemu sebelum invasi Ukraina.

Sejak serangan itu, China mengatakan akan melanjutkan hubungan perdagangan secara normal dengan Rusia. Namun, meningkatnya sanksi terhadap Rusia oleh banyak negara, kemerosotan mata uang Rusia dan upaya Amerika Serikat (AS) untuk menghentikan Rusia menggunakan dolar mungkin telah mendorong perusahaan-perusahaan China untuk menahan ekspor.

Sementara impor dari Rusia naik 26,4% dari tahun lalu, kemungkinan didorong lebih tinggi oleh kenaikan harga komoditas. China terutama membeli komoditas minyak, gas, batu bara dan pertanian dari Rusia dan menjual peralatan elektronik, mesin, dan kendaraan.

Rincian tentang barang-barang aktual yang dipindahkan melintasi perbatasan pada bulan Maret akan segera dirilis. China menerima 387.000 ton gas alam cair dari Rusia pada Maret, lebih tinggi dari 317.000 ton tahun sebelumnya, menurut data pelacakan kapal yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Saat China terus meningkatkan impor gas dari Rusia sejak pasokan dari pipanya dimulai pada akhir 2019, volume itu masih tertinggal dari pemasok utama Australia.



Impor pada bulan Maret mungkin telah turun karena adanya pemeliharaan pipa musiman Rusia dan wabah covid China, tetapi kemungkinan akan meningkat sebesar 3 miliar meter kubik musim panas ini, dari 10bcm pada tahun 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)