5 Jurus Meramu Pangan Lokal ke Pentas Dunia

Selasa, 19 April 2022 - 19:13 WIB
loading...
A A A
5. Promosi Secara Formal dan Informal

Terakhir yang tak kalah penting adalah melakukan promosi, kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat luas semakin mengenal pangan lokal tersebut. Promosi dapat dilakukan dengan dua cara yakni secara formal dan informal. Promosi formal bisa dilakukan melalui aparat seperti Kementerian Dalam Negeri dan kepala daerah. Mereka akan memberi dorongan kepada masyarakat agar mau mengonsumsi pangan lokal.

Selanjutnya adalah promosi secara informal melalui media sosial yang bisa semakin luas menjangkau masyarakat. Tidak dapat dipungkiri jika media sosial membawa pengaruh besar terhadap gaya hidup. Pengaruh tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan sosialisasi mengenai pangan lokal.

Promosi juga bisa dilakukan dengan menggandeng tenaga kesehatan yang berfokus pada perbaikan gizi masyarakat. Demikian cara yang bisa dilakukan agar pangan lokal bisa naik kelas, bukan tidak mungkin komoditas asli Indonesia dikenal oleh dunia.

Bahkan kini sudah banyak masakan Indonesia yang dijual di luar negeri. Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat semakin sadar untuk mengonsumsi keanekaragaman pangan yang tubuh di bumi pertiwi ini.



Untuk menjadikan komoditas pangan lokal naik kelas, pastinya harus ada kerja sama dari semua pihak. Mulai dari pemerintah, pengusaha kuliner, pakar teknologi pangan, dan juga masyarakat umum. Jika masyarakat semakin sadar, tentu akan berdampak positif bagi petani dan hasil bumi.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)