Rantai Pasokan Titanium dari Rusia di Bawah Tekanan, Efeknya ke Penerbangan dan Pertahanan Eropa

Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:44 WIB
loading...
Rantai Pasokan Titanium dari Rusia di Bawah Tekanan, Efeknya ke Penerbangan dan Pertahanan Eropa
Fitch Ratings menilai bahwa perang Rusia Ukraina mengganggu rantai pasokan di sektor aerospace (kedirgantaraan) dan pertahanan (A&D) Eropa, termasuk pengiriman logam utama. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Fitch Ratings menilai bahwa perang Rusia Ukraina mengganggu rantai pasokan di sektor aerospace (kedirgantaraan) dan pertahanan (A&D) Eropa , termasuk pengiriman logam utama .



Strategi lindung nilai dan tingkat inventaris yang tinggi akan mengurangi dampak dalam jangka pendek, tetapi jika gangguan berlanjut setelah tahun 2022, ketersediaan pasokan dan kenaikan harga dapat mengurangi margin keuntungan dan volume produksi perusahaan dirgantara.

"Rusia dan Ukraina adalah di antara pemasok utama logam dan paduan untuk kedirgantaraan dan pertahanan. Sanksi yang dikenakan pada Rusia dan pembatasan diri pembeli yang takut akan sanksi sekunder, serta gangguan produksi di Ukraina, mengganggu rantai pasokan yang sudah stabil, memperburuk keketatan pasar dan meningkatkan harga logam," ujar Fitch Ratings dalam rilis resminya dikutip di Jakarta pada Jumat (6/5/2022).

Meskipun sejauh ini tidak ada sanksi langsung yang diterapkan terhadap pemasok logam dan paduan ke industri, hal ini dapat berubah di masa mendatang. Rantai pasokan untuk titanium, yang banyak digunakan dalam pembuatan pesawat dan mesin pesawat, berada di bawah tekanan paling besar karena VSMPO-AVISMA Rusia memasok seperempat permintaan titanium global sebelum krisis.

Dimana dengan tiga perempat produksi perusahaan dijual ke industri kedirgantaraan, sementara Ukraina adalah pemasok signifikan bijih titanium. Sebagian besar produsen pesawat dan mesin dengan peringkat Fitch memiliki stok titanium yang mencakup kebutuhan enam hingga sembilan bulan dan akses ke lebih dari satu pemasok titanium.

"Namun, potensi penghapusan volume signifikan logam dari pasar akan meningkatkan harga dan berpotensi mempengaruhi volume produksi di industri kedirgantaraan, kecuali jika rantai pasokan dikonfigurasi ulang, dengan pasokan Rusia dialihkan ke negara-negara dengan risiko sanksi yang lebih rendah di Timur, sehingga membebaskan volume logam dari daerah lain untuk permintaan di Barat," tambahnya.

Rusia juga merupakan pemasok signifikan input lain yang digunakan dalam peralatan A&D, termasuk aluminium, nikel, tembaga, dan baja, dengan harga banyak logam mendekati atau mencapai harga tertinggi baru sepanjang masa. Lindung nilai atau persediaan yang mencakup emiten selama beberapa bulan akan mengurangi tekanan biaya jangka pendek pada emiten A&D berperingkat Fitch.

Namun, ketika ini kedaluwarsa, emiten akan terkena harga pasar yang lebih tinggi saat harga lindung nilai diatur ulang, dan berpotensi menurunkan ketersediaan logam jika rantai pasokan gagal menyesuaikan diri.

Gangguan ini dapat memperburuk tekanan inflasi yang lebih luas di sektor ini, termasuk yang terkait dengan inflasi upah karena industri kedirgantaraan mengisi kembali sebagian besar tenaga kerja berkualitas yang hilang selama pandemi untuk memenuhi pemulihan permintaan pascapandemi yang sedang berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)