10 Mata Uang Terlemah di Dunia, Rupiah Nomor Berapa?

Rabu, 18 Mei 2022 - 16:54 WIB
loading...
A A A
Dengan ekonomi yang menjadi salah satu yang terlemah, kondisi Sierra Leone diperburuk dengan pandemi Covid-19.
Mata uang berkode SLL ini memiliki nilai tukar 12.700 per USD.

6. Kip Laos
Kip Laos, adalah satu-satunya mata uang dalam daftar yang belum didevaluasi. Pada masa kemerdekaan negara itu, Kip Laos sudah dikeluarkan dengan nilai tukar yang sangat rendah pada tahun 1953. Faktanya, Kip Laos sebenarnya telah menguat dan tumbuh terhadap mata uang global seperti USD dan mungkin akan terus demikian dalam waktu dekat. Saat ini, mata uang berkode LAK itu memiliki nilai tukar 12.760 per USD.

7. Som Uzbekistan
Negara Asia Tengah, Uzbekistan, menempati urutan kelima dalam daftar mata uang terlemah di dunia. Pada tahun 2018, banyak langkah regulasi diambil untuk mengangkat Som Uzbekistan dalam ekonomi global. Meskipun sedikit berhasil dalam membantu pertumbuhan ekonomi, Uzbekistan masih memiliki jalan panjang untuk bersaing secara setara di pasar global. Mata uangnya yang berkode UZS ini memiliki nilai tukar 11.160 per USD.

8. Franc Guinea
Dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, masalah geng, dan inflasi, negara ini tetap menjadi salah satu yang termiskin di dunia. Namun, ekonominya telah menunjukkan beberapa perbaikan dalam beberapa waktu terakhir, dengan mata uang yang tumbuh kuat. Saat ini, mata uang Guinea dengan kode GNF itu memiliki nilai tukar 8.800 per USD.



9. Guarani Paraguay
Paraguay adalah negara Amerika Selatan termiskin kedua dan mata uang terlemah kesembilan di dunia. Karena kombinasi kegagalan ekonomi, tingkat kemiskinan, korupsi yang tinggi, dan sektor jasa yang kecil, Paraguay belum dapat maju secara ekonomi dalam beberapa tahun terakhir. Mata uang yang berode PYG memiliki nilai tukar 6.856,36 per USD.

10. Riel Kamboja
Kamboja adalah negara kerajaan di Asia Tenggara. Riel Kamboja memulai debutnya pada tahun 1995 dalam upaya untuk menggantikan Piaster Indocina.

Mata uang itu dikeluarkan dengan nilai tukar yang sangat rendah dan tidak populer di kalangan penduduk setempat, sehingga tidak dapat maju di pasar global. Bahkan sekarang pun Riel Kamboja tetap menjadi salah satu mata uang yang tidak populer di wilayah tersebut. Penduduknya lebih suka melakukan pembayaran menggunakan dolar AS dan mata uang lain yang lebih kuat, yang menyebabkan mata uang tersebut semakin terdevaluasi. Mata uang dengan kode KHR ini memiliki nilai tukar 4.063 per USD.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)