Buka Pasar Wisatawan India, Sandi Uno: Ekonomi Bangkit, Lapangan Kerja Terbuka

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Selain itu, Sandiaga Uno mengungkapkan Wonderful Indonesia akan memperkenalkan lima destinasi wisata super prioritas yang tidak kalah menarik dengan Bali, seperti di Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

"Pada Maret 2022 lalu, Indonesia sukses menggelar MotoGP di sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat. Selain itu pada Oktober 2022 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah dari beberapa pertemuan yang akan puncaknya di bulan November 2022 yakni Pertemuan G20 di Bali," ungkap Sandiaga Uno.

Ia meyakini dengan perhelatan G20 di Bali yang merupakan acara skala internasional yang menegaskan kembali kepercayaan global terhadap Indonesia pasca pandemi Covid-19.

"Saya berharap kegiatan ini akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi nasional dan membuka peluang usaha, serta menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya segera pemberdayaan UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga mengungkapkan dengan kebijakan pemerintah terkait keputusan untuk meniadakan tes antigen dan PCR, dan juga tidak mengharuskan penggunaan masker di tempat terbuka merupakan suatu sinyal baik untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Mari kita gunakan untuk mendapatkan lebih banyak wisatawan dari Asia Selatan terutama dari India. Sukses selalu," tutur Sandiaga Uno.



Sebagaimana diketahui, pembukaan kembali border internasional cukup berdampak pada kenaikan jumlah wisman India. Dapat dilihat di tahun 2022, pertumbuhannya mencapai 1,21 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama (Januari – Maret).

Dari laporan Make My Trip Report pada 2019 lalu, wisatawan India didominasi generasi milenial dan generasi Z dengan rincian 52 persen laki-laki dan 48 persen perempuan dengan mayoritas 92 persen untuk berlibur dan hanya 8 persen untuk kepentingan bisnis.

Segmen wisawatan dari India adalah keluarga dan mereka yang akan bulan madu pernikahan. Kegemaran dari wisatawan yakni berlibur di area wisata yang menyajikan pantai, kehidupan malam, kuliner, dan petualangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)