Menggali Harta Karun di Lumpur Lapindo, Ada Logam Tanah Jarang hingga CRM!

Kamis, 26 Mei 2022 - 22:55 WIB
loading...
A A A
Tak berhenti di situ, REE atau logam tanah jarang juga diketahui diperlukan dalam menunjang produksi alutsista seperti satelit, rudal, atau laser. Manfaat lainnya adalah menjadi bahan baku pembuatan pembangkit listrik, penyimpanan listrik, pendukung tambang, hingga mendukung produk teknologi untuk mendeteksi kanker atau penyakit lainnya.



Kembali ke pembahasan harta karun di lumpur Lapindo, menurut informasi yang beredar, tak hanya logam tanah jarang yang ada di balik bencana tersebut. Tapi, ditemukan juga logam critical raw material (CRM) di lumpur Lapindo.

"Jumlah CRM diindikasikan lebih besar daripada logam tanah jarang atau REE," terang Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono, di awal Januari 2022.

CRM sendiri adalah mineral mentah yang sangat penting kegunaannya untuk keperluan industri. Contohnya bauksit, cobalt, antimoni, barite, dan lainnya.

Lumpur Lapindo adalah catatan sejarah bencana yang merugikan banyak masyarakat di Sidoarjo. Tapi, musibah itu juga menawarkan harta karun yang berarti bagi banyak orang.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)