G20 jadi Peluang Promosi Daerah, Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Perbaiki Kualitas dan Kemasan Produk

Sabtu, 28 Mei 2022 - 13:11 WIB
loading...
A A A
Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina menyampaikan, pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu titik penting dalam pengembangan sebuah destinasi.

"Dalam menyiapkan Labuan Bajo sebagai pintu gerbang pariwisata NTT, pemerintah pusat bersama-sama pemerintah provinsi NTT, pemerintah kabupaten koordinatif, khususnya kabupaten Manggarai Barat sejak 2019 melakukan langkah-langkah percepatan untuk penguatan produk lokal di Labuan Bajo,” tuturnya.



Dia melanjutkan, pandemi yang melanda sejak 2020 mengharuskan pelaku usaha parekraf untuk menjadi kreatif, tidak lagi mengandalkan kehadiran wisatawan ke lokasi.

“Namun kita bisa memperkenalkan destinasi melalui produk-produk lokal yang sampai di tangan calon wisatawan," ucapnya.

Shana juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ITB dan Bank Indonesia NTT yang berkolaborasi dan bekerja sama dalam program tersebut guna menciptakan produk-produk yang siap dipasarkan dengan kemasan yang nantinya mampu menjawab tantangan kontinuitas dan kualitas pasar.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT I Nyoman Ariawan Atmaja mengapresiasi BPOLBF dan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB atas kerja sama dalam mengadakan kegiatan bedah kemasan Like Exotic NTT.

“Kami bekerja sama dalam rangka mendorong bagaimana kita membedah kemasan produk-produk UMKM yang ada di NTT khususnya di Labuan Bajo. Mudah-mudahan program ini bisa mendorong produk-produk NTT menembus pasar global dan mampu memanfaatkan momentum presidensi G20 di Labuan Bajo," ujar Nyoman.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa kolaborasi tersebut merupakan bukti nyata dari Bank Indonesia perwakilan NTT untuk mendukung penetapan Labuan Bajo sebagai DPSP.

Ke depan harapannya program ini dapat meningkatkan kepercayaan diri para pelaku ekraf untuk akses pasar yang lebih luas dan Bank Indonesia perwakilan NTT mendorong UKM untuk masuk e-commerce baik lokal, provinsi dan internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)