SIMURP Ajarkan Petani dan Penyuluh Cara Mengukur Emisi Gas Rumah Kaca

Selasa, 23 Juni 2020 - 17:42 WIB
loading...
SIMURP Ajarkan Petani dan Penyuluh Cara Mengukur Emisi Gas Rumah Kaca
Kerja sama Proyek SIMURP-Pusat Penyuluhan BPPSDMP dengan Balingtan-Badan Litbang Pertanian, memberikan banyak manfaat buat petani dan penyuluh.
A A A
JAKARTA - Kerja sama Proyek SIMURP-Pusat Penyuluhan BPPSDMP dengan Balingtan-Badan Litbang Pertanian, memberikan banyak manfaat buat petani dan penyuluh. Diantaranya, mengajarkan petani dan penyuluh cara mengukur emisi gas rumah kaca.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Indonesia telah memasuki industri 4.0. Semua sektor telah menyentuh digital, begitu juga dengan pertanian.

“Kita ingin menjadikan pertanian Indonesia maju, mandiri, dan modern. Yang artinya, penggunaan teknologi tidak bisa lagi dihindari. Lewat teknologi kita ingin hasil produksi menjadi maksimal, dan lebih tinggi lagi,” tuturnya, Senin (22/06/2020).

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan meningkatnya emisi gas rumah kaca (GRK) tak lepas dari aktivitas manusia.

“Peningkatan emisi gas rumah kaca, dapat menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. Dampaknya tentu saja akan sangat dirasakan sektor pertanian, serta bisa mengancam ketersediaan pangan nasional. Lewat kegiatan yang dilakukan SIMURP, kita ingin kondisi itu diantisipasi,” katanya.

Proyek SIMURP-Pusat Penyuluhan BPPSDMP dengan Balingtan-Badan Litbang Pertanian telah menyusun Modul dan video tutorial tentang Pengukuran Emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Modul ini juga juga menjadi bahan ToT dan ToF Climate Smart Agriculture bagi penyuluh/petugas dan petani.

“Agar mereka memahami pentingnya upaya penurunan emisi GRK yang disebabkan oleh praktek pertanian yang kurang ramah lingkungan,” tutur Dedi.

Kegiatan ini sebagai Tindak lanjut dari kegiatan Training of Master Trainer yang berlangsung pada bulan awal tahun 2020 lalu, Pusat Penyuluhan akan melaksanakan pelatihan bagi para penyuluh dan petugas dan pelatihan bagi petani pada bulan Juli 2020.

Terkait dengan hal tersebut Pusat Penyuluhan bekerja sama dengan Balai Lingkungan Pertanian (Balingtan) Pati, mempersiapkan materi video tutorial sebagai pengganti kegiatan prakatek, salah satu materi yang dipersiapkan adalah cara bagaimana mengukur GRK.

Gas rumah kaca adalah gas di troposfer yang mampu menyerap sinar infra merah yang kemudian dipantulkan oleh bumi sehingga bumi menjadi hangat. Suhu permukaan bumi tanpa gas rumah kaca akan 33 derajat celcius lebih dingin dibandingkan suhu saat ini. Berdasarkan IPCC, 2007 emisi GRK yang tinggi berpotensi menaikkan suhu bumi 1,31-2,32oC pada pertengahan abad 21.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)