Cara Mudah Membedakan Antara PayLater dan Kartu Kredit

Rabu, 08 Juni 2022 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan PayLater yang semuanya dapat dilakukan secara online. Tentunya, kemudahan ini menjadi pembanding yang lumrah dilakukan oleh orang-orang, dan mereka lebih memilih untuk menggunakan PayLater ketimbang kartu kredit.

4. Batas Waktu Pembayaran Peminjaman
Kemudian, hal lainnya yang membuat antara PayLater dan kartu kredit berbeda yaitu tenor cicilan yang ditawarkan. Biasanya, pada PayLater memiliki tenor cicilan yang cukup singkat, ketimbang kartu kredit, yaitu hanya berkisar 12 bulan saja. PayLater juga memiliki beberapa pilihan peminjaman mulai dari beli sekarang bayar nanti, pembayaran 3 bulan, pembayaran 6 bulan, dan pembayaran 12 bulan.

PayLater sendiri juga mengenakan bunga yang berbeda sesuai dengan jangka waktu yang dipilih oleh penggunanya. Semakin singkat jangka waktu untuk membayar sebuah barang, maka semakin sedikit pula bunga yang harus dibayarkan.

Berbeda dengan kartu kredit, biasanya kartu kredit memiliki jangka waktu pembayaran pinjaman lebih panjang ketimbang PayLater, yaitu hingga 24 bulan. Jangka waktu yang panjang ini bisa jadi pembanding bagi seseorang ketika hendak menggunakan antara PayLater dan kartu kredit.

5. Faktor Keamanan
Untuk faktor keamanan sendiri, satu hal paling penting yang wajib ada baik itu di PayLater atau kartu kredit yaitu sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini penting untuk diperhatikan, sehingga pihak-pihak tertentu tidak berusaha untuk mengeruk keuntungan secara haram yang dapat merugikan nasabah.

Masing-masing antara PayLater dan kartu kredit memiliki metode transaksi yang serupa, seperti memasukkan nomor PIN saat sebelum melakukan transaksi. Satu lagi, jangan sampai orang lain menggunakan atau mengetahui informasi rahasia yang ada di PayLater atau kartu kredit yang Anda miliki. Sehingga itu dapat selalu terjaga keamanannya.

Nah, itulah beberapa informasi penting yang wajib Anda ketahui tentang perbedaan antara kartu kredit dan PayLater. Masing-masing tentunya memiliki perbedaan, kekurangan, serta kelebihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Yang pasti, gunakan masing-masing secara bijak, sehingga tidak menyulitkan Anda di kemudian hari. Untuk rekomendasi PayLater yang aman dan terpercaya, Anda dapat serahkan itu dengan PayLater Traveloka. Segera cek Traveloka sekarang untuk mulai menggunakan PayLater!
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)