Mal Masih Lesu

Rabu, 24 Juni 2020 - 07:23 WIB
loading...
A A A
Tak hanya di Jakarta, pusat perbelanjaan dan mal di Bandung, Jawa Barat juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mal Bandung Indah Plaza (BIP) misalnya memasang thermal camera di pintu masuk utama untuk mendeteksi panas pengunjung. Penggunaan alat ini untuk mendeteksi lebih cepat suhu tubuh tanpa harus diperiksa satu per satu. (Lihat videonya: Heboh! Pemuda di Lombok Nikahi Dua Gadis Sekalilgus)

“Pengunjung yang suhu tubuhnya tinggi bisa langsung terdeteksi. Begitu pun mereka yang tidak mengenakan masker. Mereka tidak kami perkenankan masuk,” kata Marcomm Manager Mal BIP dan Istana Plaza (IP) Aditia Fahmi. Selain itu, di pintu masuk BIP, pihaknya juga menyiapkan pedal wastafel agar pengunjung mencuci tangan sebelum masuk. Wastafel dioperasikan menggunakan kaki sehingga tangan pengunjung tidak perlu menyentuh kran air. Di dalam mal hampir setiap tenant juga menyediakan hand sanitizer.

Manajemen BIP juga telah mengganti sistem lift. Di mana lift tidak lagi dipencet menggunakan tangan, tetapi diganti menggunakan pedal. Berbeda dengan di Mal Istana Plaza (IP), mal itu menerapkan sistem touchless untuk liftnya. “Pengunjung yang menggunakan lift tidak perlu menyentuh. Cukup mendekatkan tangan ke tombol angka lantai yang dituju. Pengguna lift juga kami batasi,” katanya.

Manajemen Trans Studio Mal (TSM) juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 bagi pengunjung yang akan masuk mal. Di pintu masuk, TSM mengerahkan petugas untuk mengecek suhu tubuh pengunjung. Juga, memastikan agar pengunjung mengenakan masker. Setiap pengunjung yang masuk akan dihitung agar jumlahnya tidak lebih dari 30% kapasitas mal. (Aprilia S Andyna/Ananda Nararya/Arif Budianto/Ichsan Amin/Oktini Endarwati/Bima Setiyadi)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)