Apa yang Terjadi Jika Negara Bangkrut? Serem Nih...

Senin, 20 Juni 2022 - 10:59 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, keterlibatan dalam konflik tersebut, Zimbabwe kemudaian diasingkan komunitas internasional. Sejak itu, Zimbabwe mulai mencetak uang dalam jumlah besar untuk membiayai masyarakat dan membawa Zimbabwe pada hiperinflasi. Dolar Zimbabwe pun terjun bebas dan sampai sekarang dijual sebagai souvenir.

3. Sri Lanka

Sri Lanka mengalami krisis ekonomi gara-gara pemerintahannya salah mengelola utang. Alhasil, negara tersebut dilanda inflasi dan nilai mata uang merosot tajam sehingga negaranya kekurangan makanan, obat-obatan, listrik, bahan bakar minyak (BBM) karena tidak punya uang.

Lantas apa yang akan terjadi jika suatu negara benar-benar tidak bisa bayar utang. Pemerintah akan mengatur perjanjian kepada para kreditur untuk membayar utang. Namun demikian jika pemerintah benar-benar sudah tidak bisa bayar utang, kreditur akan terpaksa menghapus utang negara dan dampaknya, investor jadi enggan berinvestasi di negara tersebut sehingga negara akan lebih terpuruk dan imbasnya masyarakat tidak terurus.

Terburuk dari sejumlah kemungkinan, masyarakat di negara tersebut akan berbondong-bondong pindah ke negara lain untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak. Seram ya, bagaimana menurutmu?

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)