3 Fungsi Aplikasi PeduliLindungi Bagi Masyarakat, dari Akses Masuk Gedung hingga Beli Minyak Curah

Rabu, 29 Juni 2022 - 16:07 WIB
loading...
A A A
2. Akses Moda Transportasi

Aplikasi Peduli Lindungi juga berfungsi sebagai syarat akses moda transportasi umum di Indonesia. Penerapan ini diberlakukan mulai Agustus 2021 lalu.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyampaikan aplikasi Peduli Lindungi menjadi syarat di seluruh moda transportasi baik darat, laut, hingga udara. Tujuan pemberlakuan ini adalah untuk mengatur mobilitas di masa pandemi Covid-19, khususnya pada sektor transportasi umum.

Sama halnya dengan akses gedung-gedung atau pusat perbelanjaan, masyarakat harus melakukan scan QR Code untuk bisa mengakses moda transportasi tersebut.

Baca juga : Pembelian Minyak Curah Pakai Aplikasi Peduli Lindungi Tuai Reaksi Pedagang

3. Membeli Minyak Goreng

Yang terbaru, pembelian minyak goreng curah juga akan melibatkan aplikasi Peduli Lindungi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa tahap sosialisasi sistem pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi sudah dimulai dan akan berlangsung selama dua minggu.

Dalam hal ini, tujuan pemerintah adalah untuk memastikan distribusi minyak secara real-time agar terhindar dari penyelewengan yang menyebabkan kelangkaan. Bagi masyarakat yang belum memiliki aplikasi Peduli Lindungi tidak perlu khawatir. Karena bisa menggunakan NIK yang nantinya ditunjukan kepada pengecer yang terdaftar.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)