Transaksi Keuangan Kian Mudah di Era Digital, Ketahui Fakta dan Risikonya

Kamis, 30 Juni 2022 - 16:22 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, berdasarkan survei Ipsos Indonesia Februari 2020, sebanyak 68% pengguna aplikasi biasanya memerhatikan segi kenyamanan dalam bertransaksi digital. Selain itu 23% responden mengaku karena adanya promo, dan 9% lainnya baru memperhatikan segi keamanan.

Meski saat ini menjadi hal umum untuk menggunakan transaksi digital, masyarakat diminta jangan melupakan aspek keamanannya.

“Seperti memilih jenis aplikasi yang diunduh, memperhatikan kerahasiaan password, hingga tidak memberikan kode One Time Password (OTP) secara sembarangan,” urainya.



Berbagai kemudahan dari transaksi digital memang membantu kehidupan sehari-hari, namun ada dampak lainnya seperti menjadi konsumtif, rentan terhadap kejahatan siber, serta menimbulkan hutang dengan kemudahan menggunakan Paylater.

Untuk itu, meskipun segala sesuatunya menjadi lebih mudah di era digital saat ini, masyarakat tetap perlu bijak saat menggunakan teknologi.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pengerapan menyampaikan, masifnya penggunaan internet di Indonesia menimbulkan risiko penipuan daring, hoaks, perundungan siber, dan hal negatif lainnya.

“Oleh karena itu, peningkatan ini perlu diimbangi dengan literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan produk digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna,” katanya.

Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat wilayah Situbondo, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Siber Kreasi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama yaitu digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)