Menteri ATR/BPN Instruksikan Layanan Kantor Pertanahan Buka Sabtu - Minggu

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:50 WIB
loading...
Menteri ATR/BPN Instruksikan Layanan Kantor Pertanahan Buka Sabtu - Minggu
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto saat melakukan kunjungan kerja ke kantor pertanahan wilayah Solo. FOTO/Ist
A A A
SURAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menginstruksikan kepada seluruh kantor pertanahan buka layanan hari Sabtu - Minggu. Hal tersebut dilakukan untuk memfasilitasi masyarakat agar yang tidak memiliki waktu di hari kerja Senin - Jumat untuk mengurus surat tanahnya sendiri.

"Layanan prioritas untuk masyarakat yang ingin mengurus langsung termasuk pada hari Sabtu - Minggu, kami berikan karpet merah," ujar Menteri Hadi dalam video conference di Kendal, Selasa (5/6/2022).



Menurut dia pembukaan kantor di hari libur tersebut dilakukan untuk mengurangi penggunaan calo untuk di kantor pertanahan yang biasanya disebabkan karena kantor pertanahan hanya bukan di hari kerja, sedangkan masyarakat yang hendak mengurus sendiri juga harus bekerja.

"Saya buka Sabtu Minggu untuk masyarakat yang bekerja dari Senin sampai Jumat, mereka libur, mereka punya waktu untuk mengurus sendiri, karena poin penting mengurus sendiri," sambung Menteri Hadi.

Selanjutnya disamping itu jam layanan di kantor pertanahan juga harus terus dilakukan, bahkan meskipun masuk jam makan siang. Hal itu dapat di inisiasi dengan adanya pergantian petugas ketika masuk jam makan siang.

"Bahkan pada saat jam makan siang mereka juga harus melayani, sehingga tidak ada istirahat, secara bergantian melayani, yang penting masyarakat terlayani dengan baik," pungkas Menteri Hadi.

Sejak awal dilantik oleh sebagai Menteri ATR/BPN, Menteri Hadi memang bertitah untuk kerap melakukan kunjungan kerja atau terjun langsung dilapangan. Mengumpulkan masalah yang kerap terjadi, kemudian dibuat kebijakan untuk mengatasi Maslaah tersebut.



Sulit dan terbatasnya waktu operasional kantor pertanahan membuat celah untuk para calo untuk mengurus sertipikat tanah masyarakat ditengah kesibukan. Namun Menteri Hadi meminta masyarakat untuk mengurus sertipikat tanah dengan datang langsung ke kantor pertanahan.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)