Bukan Harta Warisan, Rihanna Jadi Miliarder Wanita Termuda AS dengan Kekayaan Rp20,92 Triliun

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:26 WIB
loading...
Bukan Harta Warisan, Rihanna Jadi Miliarder Wanita Termuda AS dengan Kekayaan Rp20,92 Triliun
Miliarder wanita termuda di Amerika Serikat (AS) tidak tumbuh di gedung tinggi Manhattan ataupun Hollywood Hills. Sebaliknya, Rihanna mengumpulkan kekayaannya dari musik dan bisnis yang dirintisnya sendiri. Foto/Dok CBC
A A A
NEW YORK - Miliarder wanita termuda di Amerika Serikat (AS) tidak tumbuh di gedung tinggi Manhattan ataupun Hollywood Hills. Sebaliknya, Rihanna mengumpulkan kekayaannya dari musik dan bisnis yang dirintisnya sendiri, bukan harta warisan .

Baru-baru ini, penyanyi berusia 34 tahun dan CEO Fenty Beauty itu menghiasi daftar tahunan Forbes sebagai wanita terkaya dengan usahanya sendiri bukan hasil harta warisan. Lewat beragam usaha miliknya, Rihanna masuk daftar miliarder versi Forbes untuk tahun ketiga secara beruntun.

Baca Juga: Cuma Dapat Warisan Rp1 Miliar dari Rp737 Triliun, Freddy Widjaja: Di Mana Logikanya?

Dia berada di peringkat ke-21 secara keseluruhan, dan merupakan satu-satunya miliarder dalam daftar yang berusia di bawah 40 tahun. Kekayaan bersih Rihanna tercatat sebesar USD1.4 miliar atau setara dengan Rp20,92 triliun (Kurs Rp14.946 per USD), dengan sebagian di antaranya berasal dari karir musiknya yang sukses.

Sedangkan sisanya berasal dari tiga perusahaan ritel miliknya: Fenty Beauty, Fenty Skin dan Savage X Fenty. Pada bulan Maret, Bloomberg melaporkan perusahaan pakaian dalam, Savage X Fenty berniat melakukan IPO yang berpotensi bernilai USD3 miliar.

Rihanna memiliki 30% saham dari perusahaan itu. Dia juga memiliki setengah dari Fenty Beauty, yang menghasilkan pendapatan USD550 juta pada tahun 2020. Separuh perusahaan lainnya dimiliki oleh konglomerat brand fashion mewah dari Prancis, LVMH.

Angka-angkanya yang dihasilkan sangat mengesankan, tetapi Rihanna mengatakan bahwa fokusnya bukan pada penilaian dan penghargaan. Pada tahun 2019, dia mengatakan kepada The New York Times' T Magazine bahwa karena dia tidak pernah berencana menghasilkan banyak uang, mencapai tonggak keuangan sehingga "tidak akan menghentikan saya untuk bekerja."

Peraih Grammy Award sembilan kali itu juga mengatakan dia ingin memberikan uang itu untuk alasan itu. "Uang saya bukan untuk saya, dalam pikiran saya selalu ingin dapat membantu orang lain," katanya.

"Dunia benar-benar dapat membuat Anda percaya bahwa hal-hal yang salah adalah prioritas, dan itu membuat Anda benar-benar kehilangan inti kehidupan, apa artinya hidup," bebernya.

Pada tahun 2012, Rihanna memulai dana filantropi, Clara Lionel Foundation (CLF). Dimana bertujuan untuk "mendukung dan mendanai inisiatif pendidikan dan ketahanan iklim yang inovatif," demikian menurut situs webnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2362 seconds (11.97#12.26)