Ini Pesan President dan CEO Ericsson Börje Ekholm di Forum Dialog B20-G20

Jum'at, 08 Juli 2022 - 15:53 WIB
loading...
A A A
Saat ini 5G menjadi teknologi seluler penskalaan (scaling) tercepat yang pernah ada. Dalam hal kaya fitur, kini orang dapat berkeliling dunia dengan satu ponsel. Namun yang lebih penting adalah ekosistemnya bersifat global. Sebuah inovasi dari Indonesia ini dapat diluncurkan secara global dalam hitungan detik.

Dalam hal keterjangkauan, kata dia, orang dapat melihat misalnya, bahwa biaya data telah menurun tajam dalam beberapa tahun terakhir. "Sebagai bagian dari Produk Domestik Bruto (PDB), biaya data 1 GB telah turun 40 persen antara tahun 2016 dan 2020," ucapnya.

Dalam upaya menghilangkan hambatan penyebaran, sebagai Gugus Tugas Digitalisasi, Ekholm memohon forum G20 untuk mempertimbangkan meminimalisasi biaya regulasi dan pajak khusus sektor lainnya, menyediakan akses spektrum yang tepat waktu dan terjangkau serta pemberian izin yang transparan dan efisien untuk infrastruktur digital.

Ekholm menekankan digitalisasi adalah hal yang paling mendekati solusi jitu untuk banyak tantangan dunia dan dapat menawarkan berbagai manfaat bagi ekonomi maju dan berkembang. "Konektivitas modern adalah prasyarat untuk digitalisasi," ucapnya.

Mempercepat pembangunan jaringan berkecepatan tinggi dan berkapasitas tinggi sangat penting untuk mewujudkan konektivitas modern. "Untuk tujuan ini, kami memohon pemerintah untuk mendorong investasi sektor swasta, termasuk mempromosikan persaingan yang adil, mempromosikan standar global, dan menghilangkan hambatan penyebaran jaringan," pungkas Ekholm.

Business 20 (B20) adalah forum dialog resmi G20 dari komunitas bisnis global. Berdiri sejak 2010, B20 merupakan salah satu business outreach- engagement group negara-negara G20 yang beranggotakan perusahaan dan organisasi bisnis terkemuka.

Selain Ekholm, pada sesi diskusi panel, acara pendukung B20 Indonesia ini juga mengundang dua perwakilan dari G20-B20 India 2023 Ashwini Vaishnaw, Minister for Communications, Electronics & Information Technology and Railways, Government of India dan Rajesh Gopinathan, CII National Council Member/CEO & Managing Director at Tata Consultancy Services Limited. CM
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)