Negara Kecil Ini Berani Blokade Rusia, Putin Siapkan Balasan

Selasa, 12 Juli 2022 - 13:57 WIB
loading...
A A A


Pembatasan perdagangan Uni Eropa ditingkatkan karena pemerintah, pasar, dan perusahaan khawatir Rusia memperpanjang penutupan pipa tunggal terbesar yang membawa gas Rusia ke Jerman di luar periode pemeliharaan 10 hari yang direncanakan.

Perselisihan tentang isolasi Kaliningrad menguji tekad Eropa untuk memberlakukan sanksi. Pejabat Uni Eropa, dengan dukungan Jerman, mencari solusi untuk menyelesaikan kebuntuan pada akhir Juni. Namun demikian, sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Lithuania memiliki keraguan atas konsesi ke Kremlin.

Barang-barang yang termasuk dalam kategori kemanusiaan atau esensial, seperti makanan, dibebaskan dari sanksi. Lalu lintas penumpang tidak dilarang dan Kaliningrad masih dapat dicapai melalui udara atau laut.

Sebagai informasi, Kaliningrad merupakan wilayah Rusia yang terpisah dari daerah milik Moskow lainnya. Agar dapat mencapai wilayah itu via jalur darat, Rusia harus melalui Lithuania dan Belarus.

Wilayah tersebut merupakan pusat pertahanan penting bagi Rusia di Laut Baltik. Moskow diketahui memiliki pangkalan militer besar di wilayah tersebut yang dilaporkan menampung rudal nuklir. Lithuania sendiri saat ini merupakan anggota Uni Eropa. Negara kecil tersebut merupakan anggota NATO.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)