Daftar 5 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia, No 1 Ternyata Tetangga

Rabu, 27 Juli 2022 - 15:11 WIB
loading...
A A A
Mungkin banyak yang tidak menyangka, jika negara tetangga Singapura berada di posisi pertama sebagai negara dengan peminjam utang terbesar untuk Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), Singapura sejauh ini menggelontorkan dana pinjaman ke Indonesia mencapai sebesar

Singapura menjadi negara dengan peminjam utang terbesar untuk Indonesia dalam laporan ULN yang dirilis oleh Bank Indonesia. Sejauh ini, Singapura diketahui meminjamkan dana ke Indonesia dengan total sebesar USD59,8 miliar setara dengan Rp895 triliun.

Utang yang diberikan Singapura ke Indonesia cenderung menurun apabila dibandingkan dengan data April, dimana tercatat mencapai Rp60,9 miliar.

2. Amerika Serikat (AS)

Pada posisi selanjutnya ada Amerika Serikat sebagai pemberi kredit terbesar kedua untuk Indonesia. Dikutip dari laporan ULN yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), dilaporkan bahwa Amerika setidaknya telah memberikan pinjaman sebesar USD34,8 miliar yang jika dirupiahkan sebesar Rp521,9 triliun.

3. Jepang

Jepang bertengger di posisi ketiga dengan total utang ke Indonesia sebesar USD25,1 miliar atau sebesar Rp.376,9 triliun.

4. China

Kebanyakan orang kemungkinan mengira bahwa China menjadi negara yang paling loyal memberikan utang ke Indonesia. Tapi ternyata salah, karena China hanya menduduki peringkat ke-empat sebagai negara pemberi utang terbesar ke Indonesia dengan total pemberian utang sebesar USD21,77 miliar atau Rp326,05 triliun.

5. Hong Kong
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1742 seconds (10.101#12.26)