Benda Kecil Berperan Besar Ini Diramal Menggantikan Minyak

Minggu, 31 Juli 2022 - 11:51 WIB
loading...
Benda Kecil Berperan Besar Ini Diramal Menggantikan Minyak
Pada setiap revolusi industri, ada produk-produk unggulan sendiri. Misalnya batu bara untuk revolusi industri 1.0, minyak untuk 2.0 dan 3.0 dan saat ini di revolusi industri 4.0 tak lain adalah microchip. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pakar manajemen bisnis, Rhenald Kasali mengatakan, pada setiap revolusi industri, ada produk-produk unggulan sendiri. Misalnya batu bara untuk revolusi industri 1.0, minyak untuk 2.0 dan 3.0 dan saat ini di revolusi industri 4.0 tak lain adalah microchip .

Baca Juga: Penemuan Microchip Buatan AS di Mesin Perang Rusia Bikin Ukraina Terheran-heran

Microchip, benda kecil yang kini berperan sangat besar. Industri otomotif, pertahanan, robotik, telekomunikasi, sampai AI bergantung pada benda 5-7mm ini. Apa hubungannya dengan perang dunia? Apa hubungannya dengan kita?

"Saat ini, kita bukan hanya perang harga, tapi juga perang dunia. Pada setiap peralihan industri, biasanya terjadi disrupsi dan pergantian pemimpin, tergantung siapa yang cepat bergerak," tulisnya seperti dikutip dari akun Instagram @Rhenald Kasali.

Diterangkan 40% komponen mobil adalah chip, begitupun dengan industri pertahanan, robotik, telekomunikasi sampai AI, semua memerlukan chip. Produsen jagoannya ada di Asia, bisa produksi sampai sekecil 5mm, bahkan 3mm sebentar lagi.

Baca Juga: Rhenald Kasali: Krisis Merupakan Energi Besar untuk Transformasi

China sendiri telah mengalokasikan USD1,4 triliun untuk investasi teknologi dalam negeri dan india tidak ketinggalan juga berinvestasi microchip. Melihat negara-negara lain sudah melanglangbuana, Rhenald Kasali mengingatkan, baiknya Indonesia mulai melakukan persiapan.

"Persiapkan dan lakukan inovasi pendidikan agar lebih banyak lagi talenta di bidang sains. setuju?. Eksplorasi bekerja dengan cara baru, antisipasi," paparnya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1822 seconds (10.177#12.26)