Sistem Absensi Online Perusahaan Terbaik Talenta by Mekari

Senin, 01 Agustus 2022 - 19:57 WIB
loading...
Sistem Absensi Online Perusahaan Terbaik Talenta by Mekari
Perkembangan teknologi yang canggih membuat banyak sistem bisa diakses secara online. Seperti sistem absensi online di perusahaan yang dirancang untuk meringankan kerja HRD.
A A A
JAKARTA - Seperti yang Anda ketahui bahwa absensi adalah salah satu parameter untuk mengukur kinerja dan perhitungan gaji.

Perkembangan teknologi yang canggih membuat banyak sistem bisa diakses secara online. Seperti sistem absensi online di perusahaan yang dirancang untuk meringankan kerja HRD.

Absensi dulunya menggunakan alat seperti checklock, fingerprint dan juga mesin card temple. Dengan adanya sistem absensi online menggunakan software ini menjadi cara baru untuk melakukan presensi. Seperti apa kelebihan dan manfaat sistem absensi secara online ini? Berikut jawabannya.

Pengertian Sistem Absensi Online
Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang sistem absensi ini, Anda juga harus mengerti definisinya. Pencatatan kehadiran karyawan di perusahaan secara online dan ditampilkan secara real time pada dashboard website merupakan definisi dari absensi online.

Sistem absensi ini hasilnya bisa mencatat berdasarkan waktu real-time dengan detail informasinya.

Seperti namanya, sistem absensi ini untuk penggunanya harus tersambung dengan jaringan internet. Bagi perusahaan cukup memantau melalui PC saja untuk menampilkan hasilnya.

Sedangkan, bagi karyawannya untuk melakukan absensi di sistem ini tinggal memasukan id dan sandi melalui smartphone masing-masing. Tentunya dengan sistem absensi online ini tidak akan terjadi antrian lagi saat absen awal dan pulang kerja.

Fungsi Absensi Online
Sudah paham dengan definisinya? Berikutnya Anda juga harus mengenal fungsi adanya sistem absensi secara online ini. Fungsi absensi online ini sama halnya seperti absensi pada umumnya. Fungsinya yaitu untuk mencatat kehadiran, keterlambatan, bolos kerja dan juga cuti.

Data yang terkumpul dari hasil absensi ini akan direkapitulasi untuk perhitungan gaji dan evaluasi kinerja. Perbedaannya dengan sistem absensi konvensional yaitu hasil pencataannya dan proses absensinya.

Jika secara online maka hasilnya ditampilkan melalui website dan bisa terekap otomatis.Hadirnya sistem absensi online ini memiliki fungsi untuk memudahkan proses absensi dan rekapitulasi bagi perusahaan yang menerapkan.

Keunggulan Sistem Absensi Online
Berikutnya yaitu mengenai keunggulan sistem absensi ini. perkembangan alat absensi ini memang telah mengalami beberapa kemajuan.

Nah, teknologi yang saat ini hadir adalah absensi online menggunakan software. Berikut keunggulannya dibandingkan sistem absensi yang lama, yaitu:

1. Terintegrasi dengan Banyak Sistem
Keunggulan dari sistem absensi secara online ini salah satunya adalah bisa terintegrasi dengan banyak sistem. Karena data absensi online ini juga banyak dibutuhkan untuk divisi-divisi lain di perusahaan sehingga pencatatan secara online lebih mudah untuk pengolahan datanya.

Apalagi biasanya jasa penyedia software absensi dengan sistem online menawarkan fitur integrasi dengan payroll. Tentu hal ini akan lebih memudahkan perusahaan dengan satu sistem tetapi bisa menangani banyak pekerjaan.

2. Pemangkasan Jumlah Karyawan
Dulunya sistem absensi secara konvensional membutuhkan karyawan lebih dari satu untuk mengawasi dan rekapitulasi. Namun, saat ini beralih ke sistem absensi secara online perusahaan tidak lagi memerlukan banyak karyawan yang ditugaskan dalam hal ini.

Tentu adanya sistem absensi online ini membuat perusahaan lebih hemat karena adanya pemangkasan jumlah karyawan. Karena semua data yang ada secara otomatis terinput dan terekap dengan lengkap tanpa perlu menginputnya satu persatu.

3. Data yang Diperoleh Akurat
Tidak perlu khawatir jika ada kesalahan data dalam penginputan. Dengan sistem absensi ini kelebihan yang ditawarkan adalah mampu mencatat data terinput dengan akurasi tinggi. Karena sistem di dalamnya telah dibekali teknologi canggih sehingga minim kesalahan.

4. Proses Absensi Lebih Efisien
Keunggulan dari sistem absensi ini yaitu membuat proses presensi menjadi lebih efisien. Mengapa demikian? Karena karyawan bisa langsung absensi melalui ponselnya masing-masing tanpa perlu mengantri lama.

Tentu ini lebih efisien, apalagi proses absensi ini bisa dilakukan di mana saja asalkan di lingkup lingkungan perusahaan.

5. Tidak Memerlukan Perawatan
Jika perusahaan menggunakan sistem absensi konvensional memakai alat tentu memerlukan perawatan. Karena jika tidak dirawat, alat absensi lebih cepat rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Berbeda jika memakai sistem online, hanya modal ponsel dan jaringan internet proses absensi bisa berjalan.

Perusahaan juga tidak perlu cemas kehilangan data, karena sistem absensi online ini menerapkan sistem cloud untuk penyimpanan data.

Cloud atau penyimpanan awan merupakan metode penyimpanan data secara terpusat sehingga untuk mengaksesnya lebih mudah.

Manfaat Sistem Absensi Online Bagi Perusahaan
Dengan keunggulan yang ditawarkan oleh sistem absensi ini tentu mempunyai manfaat bagi perusahaan. Berikut manfaatnya bagi perusahaan yang bisa Anda ketahui.

1. Meminimalisir Terjadinya Kecurangan
Manfaat bagi perusahaan yang beralih ke sistem absensi online yaitu meminimalkan terjadinya kecurangan. Sistem absensi secara online yang dilengkapi dengan FR (Face Recognition) dan juga GPS membuat cara absensi ini sulit di bajak dan dilakukan kecurangan.

Teknologi yang ada di sistem ini juga mempunyai enkripsi secara digital jadi kemanannya juga terjamin. Fitur dilengkapi dengan GPS sehingga mudah dilakukan pelacakan lokasi untuk menghindari manipulasi data.

2. Pencatatan Absensi Lebih Akurat
Sistem absensi online ini membuat perusahaan memperoleh data yang tercatat secara akurat. Keakuratan data yang tinggi bagi perusahaan merupakan hal penting. Karena data tersebut mempunyai banyak fungsi bagi pengukuran produktivitas perusahaan.

Selain itu data absensi yang masuk di sistem ini lebih akurat dan lengkap. Dapat tersinkronisasi secara otomatis juga membuat perhitungan jumlah waktu kerja masing-masing karyawan lebih tepat. Sehingga tidak ada lagi kesalahan perhitungan akibat human error.

3. Hemat Biaya
Memang pada awalnya perusahaan juga harus menginvestasikan modal untuk beralih ke software sistem absensi online. Tetapi dengan sistem absensi ini perusahaan bisa lebih berhemat. Karena sistem ini tidak membutuhkan biaya perawatan seperti alat absensi secara konvensional.

4. Proses Rekapitulasi Otomatis
Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh perusahaan yaitu tidak perlu ribet ketika rekapitulasi data. Dengan sistem online ini, proses perekapan data bisa secara otomatis dan lengkap. Sistem absensi ini mampu merekap data seperti kehadiran, dan terjadinya keterlambatan.

Data yang masuk juga berdasarkan real time waktu karyawan absensi, sehingga waktu yang tercatat akurat. Jadi selain mudah dan proses rekapitulasi otomatis data yang ada juga dijamin keakuratannya.

5. Pemantauan Mudah dan Secara Real Time
Jika perusahaan memakai sistem absensi dengan online maka bisa dipantau kapan saja dan di mana saja. Pemantauan secara real-time pun bisa dilakukan dengan sistem absensi ini. Sehingga hal ini lebih memudahkan HRD dalam evaluasi dan memproses data yang sudah tercatat di sistem.

Manfaat Sistem Absensi Online untuk Karyawan
Selain memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang menerapkan sistem absensi ini, karyawan juga bisa merasakan manfaatnya. Apa saja manfaatnya bagi karyawan? Ini penjelasan yang bisa Anda simak.

1. Proses Absensi Mudah
Penggunaan sistem absensi online ini membuat karyawan lebih mudah ketika proses presensi. Karena dengan sistem ini karyawan tinggal menggunakan smartphone pribadinya untuk absensi. Proses absensi dengan sistem ini jauh lebih mudah dan bisa terhindar dari antrian panjang.

3. Bisa Akses Laporan Absensi Mandiri
Berikutnya manfaat sistem absensi ini bagi karyawan adalah memudahkannya dalam akses rekapitulasi mandiri. Sehingga dengan sistem ini data menjadi lebih transparan, karena selain perusahan karyawan juga memiliki akses ini.

4. Mengurangi Peluang Lupa Absen
Di sistem absensi ini biasanya juga dilengkapi dengan fitur notifikasi pengingat. Hal ini bisa mengurangi peluang lupa absen yang dilakukan oleh perusahaan. Terutama peluang lupa ini seringnya terjadi ketika absensi waktu pulang karena buru-buru.

Software Sistem Absensi Online Terbaik
Tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara memperoleh software sistem absensi secara online yang terbaik. Banyak sekali platform yang menawarkan software absensi online ini, karena memang ini adalah cara baru untuk bisa menaikan produktivitas perusahaan.

Tentu untuk mendapatkan software ini Anda harus menyeleksinya dengan benar dan tidak terburu-buru.

Jika Anda menginginkan perusahaan beralih ke sistem ini maka bisa memilih software buatan Talenta. Mengapa Talenta? Karena Talenta sudah dibawah pengawasan Kominfo dan mengantongi sertifikasi ISO 27001.

Selain itu Talenta juga sudah banyak melayani lebih dari ribuan perusahaan sehingga kualitas pelayanan dan software buatannya tidak perlu diragukan lagi. Karena banyak sekali fitur dari sistem absensi online ini, Talenta sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar dan ternama.

Fitur di Sistem Absensi Talenta
Fitur lengkap apa saja yang ditawarkan oleh Talenta? Berikut ulasannya untuk Anda!

1. Live Attendance
Sistem absensi online yang ditawarkan oleh Talenta ini mempunyai fitur live attendance. Fitur ini merupakan cara absensi online yang dilengkapi dengan metode GPS dan juga swafoto. Melalui fitur ini perusahaan akan menerima pelaporan data berdasarkan waktu real-time.

2. Time Off
Fitur lain yang bisa Anda temukan di Talenta yaitu time off atau pengajuan cuti. Selain bisa mencatat dan rekapitulasi absensi, di software ini juga bisa memproses pengajuan cuti yang dilakukan oleh karyawan.

Karyawan lebih mudah untuk mengajukan cuti dan perusahaan pun juga dimudahkan dalam memprosesnya.

3. Payroll
Tentu Anda tahu bukan, bahwa absensi ini mempunyai kaitan dengan pembayaran. Memilih software absensi Talenta, perusahaan juga dimudahkan dengan integrasi sistem payroll.

Jadi selain bisa rekap otomatis sistem ini juga bisa menghitung pemberian gaji dan transfer gaji otomatis. Sehingga tidak hanya proses evaluasi saja yang mudah melainkan proses payroll pun lebih cepat dan mudah.

4. Pay Slip
Jika pengajian secara manual harus membagikan slip secara print out satu persatu. Dengan sistem absensi online yang terintegrasi dengan payroll ini juga lengkap dengan pay slip.

Di mana sistem ini memberikan bukti gaji yang dikirim secara otomatis di smartphone karyawan masing-masing.

5. Break Time
Selain bisa untuk pengajuan cuti, dan memantau absensi berdasarkan real-time. Perusahaan yang memilih sistem ini juga bisa mengatur break in and break-out. Sehingga waktu istirahat karyawan bisa dipantau dan dipastikan sesuai setting waktu yang diterapkan perusahaan.

6. Integrasi Fingerprint
Bagi perusahaan yang ingin berganti ke sistem absensi online juga tetap bisa menggunakan absensi dengan fingerprint. Karena layanan dari Talenta ini juga memiliki sistem integrasi dengan fingerprint dan memberikan data secara real-time.

Setelah mengetahui apa saja keunggulan dari software untuk absensi online dan pelayanannya yang baik, jika Anda tertarik untuk menggunakan software ini, maka Anda juga dapat memperoleh informasinya melalui website resmi Talenta.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)