Survei Tekomsel, Ini Deretan Platform E-Commerce Andalan UMKM

Rabu, 03 Agustus 2022 - 19:18 WIB
loading...
Survei Tekomsel, Ini Deretan Platform E-Commerce Andalan UMKM
Telkomsel merilis hasil riset digital tentang Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Telkomsel merilis hasil riset "Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (e-commerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022" melalui layanan survei digitalnya, tSurvey.id. Berdasarkan hasil survei, Telkomsel menemukan bahwa platform e-commerce yang paling dipercaya oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk aktivitas penjualan online berturut-turut adalah Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%).

Hasil riset oleh tSurvey.id itu juga menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%), dan Blibli (4%). Sedangkan untuk Platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%).



Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).

"Melalui survei digital tersebut, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya sebagai digital ecosystemenabler yang membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data," ungkap Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang dalam siaran pers, Rabu (3/8/2022).

Dia menjelaskan, sebagai digital ecosystemenabler, Telkomsel terus berupaya membuka peluang kemajuan bagi para pelaku industri dan masyarakat. Riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

“tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku e-commerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar," kata Alfian.

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, jelas dia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan userinterface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).



Riset ini berlangsung dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022, dengan melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel. Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah sebanyak 60%, dari pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30%, dan dari luar pulau Jawa sebanyak 10%. Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60% responden merupakan laki-laki dan 40% adalah perempuan.

Temuan-temuan ini menurutnya menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar-platform.

"Telkomsel akan terus mengakselerasi pengembangan inovasi dan teknologi terdepan, serta membuka lebih banyak peluang kemajuan di industri dan masyarakat, khususnya dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data melalui tSurvey.id," pungkasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4384 seconds (0.1#10.140)