Teknologi Bantu UMKM Jaga Loyalitas Pelanggan dan Optimalkan Keuntungan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 11:01 WIB
loading...
A A A
“Sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM, kami secara aktif terus menjangkau pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia untuk berdiskusi dan berbagi cara dalam mengoptimalkan pertumbuhan bisnis,” kata Nilam, dikutip Selasa (9/8/2022).

Dia menambahkan, ShopeePay terus meningkatkan layanan dan fitur yang dapat bermanfaat bagi UMKM, salah satunya dengan peningkatan limit saldo pengguna hingga Rp20 juta dan fitur Transfer ShopeePay yang dapat memasilitasi pemilik usaha untuk melakukan transfer dengan bebas biaya admin dan tanpa batas kuota transfer harian.

Upaya mendorong UMKM masuk ke dalam ekosistem digital juga turut dilakukan oleh Komunitas Sahabat UMKM, mengingat antusiasme masyarakat dalam menggunakan berbagai layanan digital dan bertransaksi secara online terus meningkat.

Ketua Sahabat UMKM BPD Jawa Barat Rifqi Firmansyah mengatakan, pihaknya telah secara aktif menghadirkan ruang diskusi untuk berbagi pandangan mengenai tantangan yang dialami sesama pegiat usaha.

“Melalui salah satu kegiatan rutin kami yaitu Kelas Komunitas, kami memberikan solusi dan strategi tepat bagi para anggota untuk bisa mengembangkan bisnisnya,” tuturnya.



Di era digital saat ini, menurut dia, kunci bagi UMKM untuk tumbuh dan perluas jangkauan bisnis adalah masuk ke dalam ekosistem digital, adopsi layanan berbasis teknologi pada bisnis, serta pintar memanfaatkan program dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai platform layanan digital.

Manfaat dari berbagai layanan berbasis teknologi digital juga turut dirasakan oleh Inteun Wulansari, Founder Proudly Shoes. Sebagai pemilik bisnis UMKM yang beroperasi melalui berbagai kanal digital, dia menyebut bahwa teknologi memegang peran besar dalam memberikan kenyamanan bagi para pelanggannya, termasuk dalam hal bertransaksi.

Menurut Inteun, salah satu tantangan bagi pelaku UMKM adalah dalam menciptakan loyalitas pelanggan sehingga mereka berkeinginan untuk kembali lagi dan membeli produk yang ditawarkan.

“Di Proudly Shoes, yang kami lakukan untuk menciptakan loyalitas tersebut adalah dengan berusaha memberikan kepuasan kepada para pelanggan, baik dari segi kualitas produk atau kenyamanan dalam bertransaksi,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)