Berkat Transformasi Bisnis, Perusahaan-perusahaan Ini Tetap Moncer Saat Pandemi

Jum'at, 02 September 2022 - 20:10 WIB
loading...
A A A


Elia Massa Manik yang juga menjadi juri di ajang yang sama mengatakan, Pos Indonesia layak diapresiasi karena mampu mengubah model bisnis dengan lebih ekstrem, dan pendekatan pada customer menjadi kata kuncinya.

Lebih dari itu, perusahaan pelat merah ini berhasil melakukan utilisasi seluruh aset yang terserak di seluruh Indonesia dengan program kolaborasi bisnis, serta menjalankan program digitalisasi yang masif sehingga layanan aplikasi digitalnya sudah setara dengan perusahaan besar lainnya.

Cakupan layanan produknya juga menyasar pasar yang lebih luas. Tidak saja pada produk existing yang menjadi konsumsi masyarakat kecil, tapi juga penetrasi pada produk premium di segmen pasar high-end.

“Pos Indonesia melakukan turnaround terlebih dulu, setelah itu bertransformasi di dalam model bisnisnya. Manajemen Pos Indonesia luar biasa hebat karena hal ini tidak mudah,” tukasnya.

“Ketika melakukan turnaround dari kondisi mau bangkrut sampai mulai bernafas, pada saat yang sama mereka membuat produk dan layanan yang baru,” imbuh Elia.

Lebih lanjut, Elia pun berpesan bahwa lebih baik mulai bertransformasi ketika perusahaan masih dalam kondisi sehat atau tidak dalam distressed dan jadikan transformasi sebagai kultur perubahan yang terus-menerus.

“Transformasi akan berhasil bila dirancang secara tajam dan komprehensif, dikelola dan dikoordinasikan secara khusus oleh tim change management, dan didukung penuh oleh pemegang saham,” imbuh Zulkifli Zaini yang juga menjadi juri.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)