Alasan Produk Iphone Diproduksi di China, Hubungan Erat yang Tak Terpisahkan

Rabu, 07 September 2022 - 10:18 WIB
loading...
A A A
Masa jabatan Cook di Apple bertepatan dengan pendalaman hubungan perusahaan dengan China. Cook bergabung dengan Apple pada tahun 1998, beberapa tahun sebelum perusahaan mulai memproduksi produknya di China.



Dia membantu membangun dan mengelola rantai pasokan globalnya sebagai COO sebelum naik ke posisi teratas pada tahun 2011. Dia telah melakukan beberapa kunjungan yang menjadi sorotan ke China sebagai CEO, menggambarkan pentingnya negara itu bagi Apple.

Namun, Apple mungkin melakukan lindung nilai terhadap beberapa taruhannya. The Wall Street Journal melaporkan, awal tahun ini bahwa perusahaan ingin meningkatkan produksi di negara-negara seperti Vietnam dan India, mengutip kebijakan Covid China yang ketat sebagai salah satu alasannya.

Apple tidak banyak berkomentar, tetapi Cook menekankan jejak manufaktur Apple yang lebih luas terkait pendapatan terbaru perusahaan. "Rantai pasokan kami benar-benar global, sehingga produk dibuat di mana-mana," katanya.

"Kami terus melihat optimalisasi. Kami belajar sesuatu setiap hari dan membuat perubahan," paparnya.

China bagaimanapun, telah menghabiskan bertahun-tahun mengembangkan kombinasi insentif produksi, SDM teknik lokal, dan ekosistem rantai pasokan kohesif yang akan sulit untuk ditiru di tempat lain.

Seperti yang dikatakan Cook dalam satu wawancara tahun 2015, "Anda dapat mengambil setiap alat dan produsen di Amerika Serikat dan mungkin meletakkannya di ruangan yang saat ini sedang kita duduki. Di China, Anda harus memiliki banyak lapangan sepak bola."

Wakil Presiden riset perangkat di perusahaan intelijen pasar IDC, Bryan Ma mengatakan, ada "tekanan yang meningkat untuk mendiversifikasi perakitan produk di luar China, tetapi melakukannya tidak akan mudah mengingat bahwa kedekatan dengan pemasok komponen adalah alasan utama untuk tinggal di China."

"Saya yakin vendor akan menjajaki opsi mereka, terutama ketika pemerintah memberikan insentif untuk lokal," tambah Ma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)