Menko Airlangga Sebut Digitalisasi Kunci Membuka Potensi Indonesia

Senin, 19 September 2022 - 22:04 WIB
loading...
A A A
Dia menuturkan, prioritas utama lainnya adalah pengembangan sumber daya manusia. Indonesia saat ini membutuhkan setidaknya 600 ribu talenta digital setiap tahun.

Selanjutnya, ujar Airlangga melalui Kepresidenan G20, Indonesia telah menempatkan transformasi digital di samping kesehatan global dan transisi energy sebagai salah satu prioritas utama G20 untuk tahun 2022.

Airlangga melalui Huawei Connect 2022 juga sangat berharap bisa mendapatkan banyak wawasan dan peluang sinergi serta kolaborasi dalam mendorong adopsi teknologi digital dan inovasi unggulan untuk mendukung transformasi digital.

“Mari kita jadikan momentum luar biasa ini sebagai langkah utama untuk meningkatkan kerja sama dalam mempercepat dan menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan terhubung menuju Unleash Digital for a Sustainable Asia-Pacific,” ajaknya.

Baca Juga: PR Besar Ekonomi Digital

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Golkar, Dave Akbarshah Laksono mengapresiasi, penyelenggaraan Unleash Digital Huawei Connect 2022, Bangkok. Menurutnya digitalisasi yang dilakukan saat ini dilakukan pemerintahan Indonesia mampu meningkatkan sektor perekonomian.

“Kita lihat pengembangan ekonomi digital di Indonesia ternyata mampu menggerakkan perekonomian masyarakat juga,” katanya.

Dave menjelaskan, untuk menciptakan pemulihan ekonomi global yang lebih inklusif, digitalisasi UKM perlu perluas dengan inklusi keuangan, mempercepat literasi dan keterampilan digital, serta mereformasi tata kelola data global.

“Aktifitas pendataan, produk, dan layanan digital saat ini dapat dilakuakan keseluruh dunia dalam sekejap. Maka kerja sama regional dan global sangat penting. Hanya dengan bekerja sama, negara-negara yang dapat memastikan terobosan teknologi akan mendapatkan keuntungkan,” pungkasnya.

Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1979 seconds (11.210#12.26)