Siap-siap, Pak! Cicilan Rumah Bakal Membengkak

Jum'at, 23 September 2022 - 14:47 WIB
loading...
Siap-siap, Pak! Cicilan Rumah Bakal Membengkak
Kenaikan suku bunga BI akan mengerek bunga KPR sehingga cicilan rumah membesar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kebijakan Bank Indonesia ( BI ) menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 50 basis poin (BPS) menjadi 4,25% bakal berdampak ke sektor properti Tanah Air. Kenaikan suku bunga acuan itu juga akan berimbas pada perbankan selaku penyalur kredit untuk menaikkan bunga pinjaman, termasuk kredit kepemilikan rumah ( KPR ).



"Kenaikan bunga KPR mungkin 0,25%," ujar Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti (PSPI) Panangian Simanungkalit saat dihubungi MNC Portal, Jumat (23/9/2023).

Menurut Panangian kemungkinan perbankan juga tidak mau mengambil risiko yang cukup besar dengan menaikan bunga KPR yang tinggi, karena bakal berpengaruh terhadap respons pasar. Kenaikan bunga yang tinggi bakal memengaruhi penyaluran likuiditas perbankan khususnya di sektor properti, karena masyarakat bakal berpikir ulang atau menunda pembelian rumah jika harus membayar bunga yang terlalu tinggi.

Selain itu, sebelum adanya kenaikan bunga acuan, harga properti juga mengalami penyesuaian akibat adanya kenaikan harga material bahan bangunan dan ongkos energi. Solar yang menjadi bahan bakar untuk membawa material saja naik sekitar 32%, BBM bersubsidi lain seperti Pertalite juga bersamaan menyusul naik 31%.

Panangian berpandangan, menjadi cukup riskan bagi bisnis perbankan maupun pengembang jika menaikkan bunga yang tinggi untuk sektor properti.

"BI memberikan kebijakan atau signal kepada bank untuk sama-sama bertindak bijak, kalau (suku bunga) 0,5% diterima (bank), paling disampaikan kepada konsumen 0,25%, atau setengahnya," kata Panangian.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, menambahkan kenaikan bunga KPR akan berdampak lebih jauh pada pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor properti menjadi semacam lokomotif yang menarik banyak sektor industri di belakangnya. Bukan hanya membangun rumah, tetapi membutuhkan peralatan rumah tangga maupun hiasan rumah yang dihasilkan oleh UMKM di Indonesia.



"Sementara konsumen tidak semua siap jika bunga KPR untuk floating rate naiknya bisa 1%-3% dari sebelum penyesuaian suku bunga acuan. Demand untuk segmen kelas menengah di sektor perumahan bisa terkoreksi. Alhasil banyak anak muda makin sulit menjangkau rumah," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)