10 Mata Uang Kripto Paling Berpengaruh Selain Bitcoin

Minggu, 25 September 2022 - 10:33 WIB
loading...
A A A
Cardano bertujuan untuk menjadi sistem operasi keuangan dunia dengan membangun produk DeFi yang mirip dengan Ethereum dan memberikan solusi. Pada 18 September 2022, Cardano memiliki kapitalisasi pasar terbesar kedelapan dengan USD15.9 miliar, dan satu ADA diperdagangkan dengan harga sekitar USD0.47.

8. Solana (SOL)

Didirikan pada tahun 2017, Solana adalah platform blockchain yang dirancang untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps). Menyandang gelar 'pesaing Ethereum,' Solana melakukan lebih banyak transaksi per detik daripada Ethereum. Selain itu, ia membebankan biaya transaksi yang lebih rendah daripada Ethereum.

Solana dan Ethereum dapat menggunakan kontrak pintar, yang sangat penting untuk menjalankan aplikasi mutakhir, termasuk keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan token yang dapat dipertukarkan (NFT). Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Ethereum menggunakan blockchain proof of work (PoW), yang berarti penambang bersaing untuk memecahkan teka-teki kompleks untuk memvalidasi transaksi, membuat teknologi ini lebih intensif energi dan dengan demikian lebih merusak lingkungan. Sebaliknya, Solana menggunakan proof of stake (PoS), yang dikatakan kurang berbahaya daripada PoW.

Cryptocurrency yang berjalan di blockchain Solana disebut Solana (SOL). Sejak awal, harganya telah meningkat pesat. Solana memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD11.5 miliar, dan bernilai sekitar USD32.46 pada 18 September 2022, menjadikannya cryptocurrency terbesar kesembilan berdasarkan kapitalisasi pasar.

9. Dogecoin (DOGE)

Dogecoin (DOGE), dilihat oleh beberapa orang sebagai "memecoin" asli, sempat bikin gempar pada tahun 2021 karena harganya meroket. Koin, yang menggunakan gambar Shiba Inu sebagai avatarnya, diterima sebagai bentuk pembayaran oleh beberapa perusahaan besar.

Dogecoin diciptakan oleh dua insinyur perangkat lunak, Billy Markus dan Jackson Palmer, pada tahun 2013. Markus dan Palmer dilaporkan menciptakan koin itu sebagai lelucon, mengomentari spekulasi liar pasar cryptocurrency.

Pada 18 September 2022, kapitalisasi pasar Dogecoin adalah USD7,9 miliar, dan satu DOGE bernilai sekitar USD0,06. menjadikannya cryptocurrency terbesar ke-10.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)