Kondisi Bisnis Berubah Imbas Pandemi, Perusahaan RI-Korea Cari Solusi Bersama

Kamis, 29 September 2022 - 21:41 WIB
loading...
A A A
Perjanjian tersebut telah diratifikasi oleh Korea Selatan pada Juni 2021 dan Indonesia pada Agustus 2022. IK CEPA diharapkan resmi berlaku pada tahun 2023.

Lee pun optimistis IK CEPA akan melahirkan sistem kerja sama yang lebih dalam di tengah ketidakpastian ekonomi global seperti ancaman inflasi, disrupsi rantai pasok, perang dagang, dan konflik geopolitik.

Korsel mengeliminasi sebanyak 95,5% dari pos tarif yang mewakili 97,3% nilai impor dari Indonesia. Pada saat yang sama, Indonesia juga memangkas 93% pos tarif yang mewakili 97% impor dari Negeri Ginseng.

"Korea Selatan akan melanjutkan kolaborasi yang melibatkan industri dengan teknologi tinggi seperti kendaraan listrik dan baterai sekunder sebagai bagian dari Environmental Social Governance (ESG) untuk mendukung kebijakan keberlanjutan Indonesia," tuturnya.



Lee menambahkan, Indonesia merupakan salah satu mitra penting bagi Korea Selatan, khususnya di kawasan ASEAN. Nilai perdagangan Korsel-Indonesia tercatat sebesar USD15,3 miliar untuk periode Januari hingga Juli 2022. Angka tersebut tumbuh 49,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni USD10,2 miliar.

Adapun komoditas utama yang yang diperdagangkan kedua negara tersebut adalah bahan bakar mineral, minyak mineral dan produk; mesin dan peralatan listrik; besi dan baja; bijih, terak, dan abu; dan plastik.

Lebih lanjut Lee mengatakan, dalam acara 'Indonesia-Korea Future Industry Business Plaza 2022', pada sesi konsultasi bisnis dan one on one meeting, terdapat 48 perusahaan teknologi Korea Selatan yang berpartisipasi secara daring maupun luring.



Mereka melakukan pertemuan atau konsultasi tatap muka dengan 100 calon mitra seperti perusahaan Indonesia skala besar, pemilik proyek, pemodal ventura untuk mengenalkan produk mereka. Pertemuan tersebut juga menjajaki peluang terjadinya kesepakatan bisnis di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)