Ini 4 Negara yang Wilayahnya Dilewati Pipa Nord Stream Rusia

Jum'at, 30 September 2022 - 15:59 WIB
loading...
Ini 4 Negara yang Wilayahnya Dilewati Pipa Nord Stream Rusia
Pipa gas Nord Stream menjadi salah satu fokus perselisihan antara Rusia dan negara-negara Uni Eropa selama beberapa waktu ke belakang. Foto DOK Reuters
A A A
JAKARTA - Pipa gas Nord Stream menjadi salah satu fokus perselisihan antara Rusia dan negara-negara Uni Eropa selama beberapa waktu ke belakang. Untuk diketahui, pipa Nord Stream ini merupakan saluran pipa terbesar yang membawa pasokan gas alam Rusia ke Eropa melalui Jerman.

Pasca invasi Rusia ke Ukraina, negara-negara Uni Eropa turut memberikan sanksi kepada Kremlin. Alhasil, Vladimir Putin pun membalasnya dengan mulai memotong aliran gas alamnya ke negara-negara tersebut.

Baca juga : Nord Stream: Swedia Menemukan Titik Kebocoran Baru dalam Pipa Gas Rusia

Dikutip dari laman Nord Stream, rute pipa ini dibangun melalui Laut Baltik dan membentang dari Vyborg, Rusia ke Lubmin dekat Greifswald, Jerman. Selain itu, pipa ini dibangun dan dioperasikan oleh Nord Stream AG.

Berikut beberapa negara yang dilewati pipa Nord Stream Rusia :

1. Finlandia

Negara pertama dalam daftar ini adalah Finlandia. Negara di kawasan Eropa Utara ini wilayahnya memang dilintasi pipa Nord Stream Rusia. Dikutip dari laman Cepa, pada 2021, Finlandia diketahui sebagai salah satu dari lima investor utama yang menyediakan dana untuk pendanaan Nord Stream 2.

Selain itu, peran Finlandia dalam proyek tersebut juga cukup penting, namun sering dilupakan. Padahal, pipa Nord Stream diketahui melewati sekitar 374 km perairan teritorial negara ini.

2. Denmark

Berikutnya ada Denmark. Dikutip dari laman Radio Free Europe, pada tahun 2019 negara ini telah mengizinkan Gazprom untuk membangun jalur pipa ekspor gas melalui perairan Denmark.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1167 seconds (10.177#12.26)