Awal Bulan Depan, BLT Gaji Tahap 4 Rp8,8 Triliun Cair

Jum'at, 30 September 2022 - 18:40 WIB
loading...
Awal Bulan Depan, BLT Gaji Tahap 4 Rp8,8 Triliun Cair
Pemerintah akan mencairkan BLT gaji tahap 4 minggu depan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan akan menggelontorkan bantuan subsidi upah ( BSU ) atau BLT gaji sebagai kompensasi naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Pencairan bantuan tahap ke-4 ini akan dilakukan minggu depan atau awal bulan.

Baca juga: Hore! Selasa Depan, Akhir Bulan, BLT Gaji Cair Lagi

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, jumlah anggaran yang dikucurkan sebanyak Rp8,8 triliun. Penyaluran akan terus dilakukan di tahap-tahap berikutnya.

"Saat ini, sudah disalurkan hingga tahap ke-3. Tahap ke-4 minggu depan. Nanti akan ada 6 atau 7 tahap lagi, " ujar Isa dalam media briefing Update Penyaluran Bansos dan Pembiayaan di Kemenkeu, Jakarta, Jumat (30/2/2022).

Isa menerangkan, total penerima BLT gaji diperkirakan tidak sampai 16 juta pekerja, tapi hanya 14,6 juta pekerja. Perubahan data itu setelah dilakukan pengecekan atau screening yang komprehensif.

"Penerima BSU tidak boleh sebagai (penerima) BLT BBM. Tidak boleh double, sejauh ini yang kami dapat kemungkinan 16 juta akan tersaring beberapa," ucapnya.

Kriteria penerima BLT gaji yakni hanya pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. Kemudian, penerima tidak berstatus pegawai negeri sipil (PNS), Polri dan TNI.

Baca juga: Perseteruan Berakhir! Kevin Sanjaya dan Pelatih Ganda Putra Herry IP Akhirnya Berdamai

Terakhir, Isa mengupdate, anggaran BSU yang sudah disalurkan mencapai Rp4,2 triliun dari Rp8,8 triliun atau sekitar 48,2%. Nilai BSU ini mencapai Rp600.000 per pekerja.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1917 seconds (11.210#12.26)