Transisi Energi RI Butuh Dana Rp15.000 Triliun, Duit dari Mana?

Senin, 10 Oktober 2022 - 20:00 WIB
loading...
A A A
Cara ketiga, kata dia adalah menggencarkan sosialisasi dan edukasi ihwal percepatan pengembangan energi terbarukan untuk penyediaan tenaga listrik.

"Memang customernya sudah mengarah ke energi yang green dan customer selalu jadi raja, apapun harus kita upayakan, harus dengan sekuat tenaga agar investasi di energi khususnya di EBT semakin hari semakin membaik dan pada saatnya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Rida.

Sebagaimana diketahui, Pertamina tengah menyusun peta jalan Net Zero Emission (NZE) nasional untuk mempercepat transisi energi. Langkah tersebut sekaligus menjadi komitmen perseroan memenuhi pemenuhan target NZE nasional pada 2060.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan peta jalan NZE Pertamina didukung oleh carbon accounting dan reporting yang akurat yang sesuai dengan standar global, implementasi internal carbon pricing dan carbon trading, pembentukan dedicated sustainability organization, penguatan fundamental capabilities, hingga penyelarasan dengan stakeholder terkait.



Nicke mencatat, peta jalan NZE Pertamina disusun untuk menjadi salah satu acuan dan kerangka kerja yang dapat digunakan stakeholder untuk mencapai target NZE serta memenuhi aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) perusahaan.

“Kita sudah sama-sama saksikan komitmen yang sudah ditandatangani. Kita menetapkan roadmap net zero emission sebagai dukungan kita kepada Nationally Determined Contribution Indonesia yang baru saja direvisi dan pemerintah telah menetapkan target yang lebih ambisius jadi kita ikuti," ujar Nicke.

(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)