Manfaatkan Internet Secara Produktif, Kominfo Ingatkan Masyarakat Waspadai Hoaks

Rabu, 12 Oktober 2022 - 10:11 WIB
loading...
A A A
“Hal lain yang tak kalah penting adalah mengedukasi masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan mengajak publik berpikir kritis saat menerima sebuah informasi,” tandasnya.



Namun, diakui Komang memberantas hoaks bukan perkara mudah. Pasalnya, hoaks bisa sangat mudah menyebar lewat berbagai aplikasi percakapan maupun lewat media sosial. Dia pun menyarankan agar pengguna media sosial tak mudah membagikan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta Ade Irma Sukmawati menuturkan, untuk mencegah hoaks menyebar luas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.



Di antaranya dengan memahami ketentuan membagikan informasi, berpartisipasi untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, serta memastikan aman dan etis dalam membagikan informasi yang menyangkut personal atau orang lain.

“Lalu, saring sebelum sharing (membagikan). Verifikasi setiap informasi yang kita terima sebelum disebarluaskan ke orang lain,” tegasnya.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Kominfo diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif di era industri 4.0.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)