Sri Mulyani Ungkap Peran PLN Atasi Inflasi

Rabu, 26 Oktober 2022 - 19:39 WIB
loading...
Sri Mulyani Ungkap Peran PLN Atasi Inflasi
Sri Mulyani menyatakan PLN bisa berkontribusi terhadap penanganan inflasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menanggapi tingginya lonjakan inflasi dunia, Menteri Keuangan Sri Mulyani memiliki pesan tersendiri bagi PT PLN (Persero). Dia ingin agar PLN lebih waspada terkait masalah tingginya inflasi saat ini.



Sri Mulyani menjelaskan di Indonesia inflasi terdiri dari harga pangan dan harga energi ataupun harga yang diatur pemerintah (administered prices), dan inflasi inti (core inflation).

"Ini berarti PLN, Anda semuanya ada di dalam bagian yang disebut administrator price, bisa berkontribusi terhadap inflasi," ujar Sri dalam acara Leaders Talk Series #2 bertajuk "Indonesia Energy Investment Landscape" secara virtual di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Dia menegaskan bahwa inflasi ini bisa berimbas kepada PLN dan berpotensi menimbulkan tekanan yang makin besar. Sri pun berkaca melihat banyaknya negara yang kondisinya sudah rapuh saat terjadi pandemi karena mereka harus melakukan banyak langkah extraordinary, termasuk menggunakan instrumen fiskal.



"Situasi ini yang sekarang harus kita semuanya kelola, termasuk PLN sebagai BUMN yang memiliki peran sangat besar, mengingat dampak dari PLN itu sistemik ke seluruh negara dan juga pada keuangan negara," tambah Sri.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)